PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN DI KELAS IV SD NEGERI 2 MUARA

Penulis

  • Faizah M. Nur

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran CTL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, bagaimana aktifitas guru dan siswa, serta bagaimana respon siswa pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan di Kelas IV SD Negeri 2 Muara Batu melalui model pembelajaran kooperatif tipe CTL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian adalah SD Negeri 2 Muara Batu di Kelas IV. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik nontes, Observasi, Wawancara, Dokumentasi foto dan Angket. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.  Berdasarkan analisis data, penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning menjadi alternatif penyelesaian masalah dalam pembelajaran IPA pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan. Bahkan aktivitas guru dan siswa serta responsnya melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan struktur dan fungsi bagian tumbuhan menunjukkan hasil yang sangat baik.

 

Kata kunci: CTL, Struktur tumbuhan

Referensi

Arikunto,S.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Nofijanti, Lilik. Baihaqi dkk. 2008. Evaluasi Pembelajaran paket. Suraba : lapis PGMI.

Depdiknas. 2002. KBK. Kurikulum dan Hasil Belajar, Kompetensi Dasar Mapel raSains SD dan MI. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Dimyati, M. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2005. Kurikulum Dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandar. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: CV. Maulana.

Kasbolah & Sukaryana, 2001. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Malang: Universitas Negari Malang

Kesuma, dkk. 2010. Contextual Teaching and Learning. Yogyakarta: RAHAYASA Research and Training.

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung Refika Aditama.

Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muslich dan Iswati. 2009. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Kuantitatif. Airlangga University Press

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sanjaya, W. 2006. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Fajar Interpratama Offiset, Bandung

Sudjana. 2006. Evalusi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suyitno. 2002. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia. Indonesia

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata.S .2006. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Gravindo Persada.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaini, 2009. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development (CTSD)

Cambell.2004. Biologi Edisi Kelima Jilid 3. Jakarta: Erlangga

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-06-08