UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELAS V SD NEGERI 1 DEWANTARA

Penulis

  • Ahmad Ahmad

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi pemahaman konsep kenampakan alam dan buatan di Indonesia siswa kelas V masih rendah hal ini ditandai pencapaian evaluasi belajar siswa rata-rata dibawah KKM yaitu 60% dengan KKM 65. Pembelajaran belum dilaksanakan secara optimal bersifat abstrak sehingga berakibat pada rendahnya pemahaman konsep siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi kenampakan alam dan buatan di Indonesia melalui model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Dewantara yang berjumlah 24 orang siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data pemahaman konsep diperoleh melalui tes tulis 20 soal pilihan ganda, data proses pembelajaran diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukansiklus I persentase ketuntasan hasil pemahaman konsep siswa rata-rata 60,8sebesar 41% tuntas secara kelasikal, sedangkan pada siklus II peningkatan hasil pemahaman konsep siswa rata-rata 74,1 sebesar 87,5% tuntas secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kenampakan alam dan buatan di Indonesia di kelas V SD Negeri 1 Dewantara. Saran penelitian ini muatan materi yang abstrak dapat dikonkritkan agar siswa dapat memahami kosep, model pembelajaran picture and picture menjadi altaernatif tindakan perbaikan pembelajaran.

 

Kata Kunci:  Picture And Picture, Pemahaman Konsep Siswa

Referensi

Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Berg, B.S. 1989. Qualitative Research Mthod For Social Science. Hlm. 42-76. Boston: Allyn dan Balcon

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pendidikan Matematika SD. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Dahar, R.W. 1989.Teori-Teori Belajar.Jakarta : Erlangga

Daulay, Hakim, Abdul. 2012. Penerapan Model Picture And Picture Dalam Pembelajaran Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar Sumatera Utara. Vol.1 Hal: 59

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Moleong. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Salam, Burhanuddin. 2005. Pengantar Pedagosis (Dasar-Dasar Ilmu Mendidk). Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2006. Statistika. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Learning

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-06-08