PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF KOMIK ELEKTRONIK BERBASIS FLASH MOVIE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA SATRA MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Nurmina Nurmina Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Zulkarnaini Zulkarnaini

Abstrak

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dipahami dan dikuasai oleh mahasiswa calon guru sekolah dasar. Namun, pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam keterampilan menulis. Salah satu solusi yang dapat diberikan adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang efektif. Media interaktif komik elektronik berbasis flash movie merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karya sastra mahasiswa calon guru sekolah dasar (PGSD) Universitas Almuslim. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa PGSD semester IV, tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 200 mahasiswa yang tersebar dalam lima kelas paralel, sementara sampel penelitian adalah mahasiswa semester IV, kelas A dan B berjumlah 66 mahasiswa. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian pengembangan atau penelitian Reseach and Development (R & D) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Untuk mendapatkan data, penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus statistik. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa adanya perubahan yang sangat signifikan terhadap kemampuan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menulis karya sastra setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media Interaktif komik elektronik berbasis flash movie. Hasil pretes dan postes yang diperoleh mahasiswa, yaitu rata-rata nilai pretes kelas eksperimen memperoleh nilai 51,2 (menulis dongeng/cerpen), 51,8 (menulis drama), 67,2 (Menulis Puisi). Sementara kelas kontrol 53,6  (menulis dongeng/cerpen), 53,2 (menulis drama), 67,9 (Menulis Puisi). Adapun nilai postes kelas eksperimen memperoleh nilai 75,23 (menulis dongeng/cerpen), 81,30 (menulis drama), 85,10 (Menulis Puisi). Sementara kelas kontrol 68,45  (menulis dongeng/cerpen), 75,60 (menulis drama), 82,50 (Menulis Puisi). Ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis karya sastra dengan media interaktif komik elektronik berbasis flash movie (kelas eksperimen) mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, hasil angket juga menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Interaktif komik elektronik berbasis flash movie mendapat respons yang positif dari mahasiswa.

 

Kata Kunci: Media Interaktif, Komik Elektronik, Menulis Karya Sastra 

Referensi

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Akhadiah, Sabarti. 1993. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Erlangga, Jakarta.

Heniati, Diahi. 2006. Pembelajaran Menulis Karangan Narasi dengan Teknik 5W+1 H. Bandung: Tesis SPS UPI.

Iskandarwassih dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Keraf, Gory. 2007. Eksposisi dan Narasi. Nusa Indah.

McCloud, Scott. 2008. Memahami Komik. Kepustakaan Populer Gramedia Jakarta.

Muslich, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Bumi Aksara, Jakarta.

Nugroho, E. 1990. Ensiklopedi Nasional Jilid 9. PT. Cipta Adi Pustaka, Jakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE UGM, Yogyakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak. Yogyakarya: Gajah Mada University Press.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Rineka Cipta, Jakarta.

Rudiyanto, M.S & Waluya, S.B. Pengembangan Model Pembelajaran Volume

Benda Putar Berbasis Teknologi Dengan Strategi Konstrukstivisme Student Active Learning Berbantuan CD Interaktif Kelas XII. FMIPA Universitas Negeri Semarang.[Online]tersediahttp://journal.unnes.ac.id/index.php/kreano/article/download/220/229.[5 Agustus 2012]

Semi, Atar. 1996. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung, Angkasa.

Suroto. 1990. Apresiasi Sastra Indonesia untuk SMTA. Erlangga, Jakarta.

Sujana dan Rivai. 2010. Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Tarigan, H.G. dan Djago.2008. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Angkasa, Bandung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-11-28