KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Ety Mukhlesi Yeni

Sari


Kesulitan belajar juga dapat diartikan sebagai ketidakmampuan anak dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Anak-anak dengan ketidakmampuan belajar memiliki karakteristik unik mereka sendiri dan gaya belajar yang berbeda. Oleh karena itu, setiap anak memiliki kemampuan untuk berhasil dalam studi mereka. Guru mampu dalam memantau kemajuan mereka dan menerapkan berbagai strategi mengajar di kelas. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika anak, yang secara umum berupa faktor dari dalam diri anak sendiri dan faktor dari luar diri anak. Siswa yang menunjukkan kesulitan dalam belajar matematika juga menunjukkan kesulitan dalam berperilaku seperti adanya gangguan emosional, rasa tak tenang, khawatir, mudah tersinggung, sikap agresif, gangguan dalam proses berpikir, semuanya menjadikan kegiatan belajar terganggu. Solusi yang dapat diberikan guru adalah dengan melaksanakan pembelajaran remedial bagi anak berkesulitan belajar matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agustin, Mubiar. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Fauzi, Danang Tri. 2012. Faktor-faktor Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV MI Yappi Mulusan Paliyan Gunung Kidul. Diakses: 2 Desember 2015. Online: http://digilib.uin-suka.ac.id/9955/1/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf.

Gebre, Laeke. 2008. Choosing Educational Toys For Children With Learning Disability. Diakses: 2 Desember 2015. Online: http://ezinearticles.com/?Choosing-Educational-Toys-For-Children-With-Learning-Disability&id=1494929.

Little, Mary E. 2009. Teaching Mathematics: Issues and solutions. Diakses: 2 Desember 2015. Online: http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ875420.pdf.

Masroza, Fitria. 2013. Prevalensi Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se Kecamatan Pauh Padang. Diakses: 5 November 2015. Online: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=24454&val=1496. 

Montani, Teresa Oettinger. 2004. Mathematical Disabilities in Elementary School Children. Number 7 Electronic Journal for Inclusive Education. Vol. 1, No. 7. Diakses: 5 November 2015. Online: http://corescholar.libraries.wright.edu/ejie/vol1/iss7/3/.

Paridjo. 2008. Sebuah Solusi Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Diakses: 15 November 2015. Online: http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding2/Solusi%20Mengatasi%20Kesulitan%20Belajar.pdf.

Pierangelo, Roger dan Giuliani, George. 2006. Learning Disabilities: A Practical Approach to Foundations, Assessment, Diagnosis, and Teaching. New York: Pearson.

Rusmawan. 2012. Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Diakses: 18 November 2015. Online: http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/1487/pdf.

Sulaiman, dkk. 2008. The Level of Cognitive Ability among Learning Disabilities Children in Malacca Malaysia. Diakses: 18 Oktober 2015. Online: http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ijps/article/download/10747/7596

Untari, Erny. 2014. Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahanpada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diakses: 5 November 2015. Online: http://jurnal.stkipngawi.ac.id/index.php/mp/article/viewFile/28/pdf_8.

Van Steenburge, H. 2010. Mathematics Learning Difficulties In Primary Education: Teachers’ Professional Knowledge And The Use Of Commercially Available Learning Packages. Diakses: 1 November 2015. Online: http://users.ugent.be/~mvalcke/CV/CALP_ed_studies.pdf.

Vaughn, Sharon., dkk. 2013. Teaching Students Who Are Exceptional, Diverse, and at Risk in the General Education Classroom. New York: Pearson.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.