UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DUA BILANGAN TIGA ANGKA TENTANG SOAL CERITA DI KELAS III SD NEGERI 27 PEUSANGAN

Penulis

  • Marzuki Marzuki Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Dian Tursina Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Abstrak

Ketidak mampuan siswa dalam menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan tentang soal cerita yang melatar belakangani penelitian. Tujuan penelitian ini adalah sebagai usaha meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar melalui model pembelajaran problem based learning pada materi penjumlahan dan pengurangan tiga angka tentang soal cerita  di kelas III SD Negeri 27 Peusangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas). Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri 27 Peusangan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir tindakan, observasi, wawancara dan catatan lapangan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil analisis data dalam penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan tiga angka tentang soal cerita  di kelas III SD Negeri 27 Peusangan.

 

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Problem Based Learning.

Referensi

Aunurrahma, 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto Suarsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ari Wibowo, S, dkk.2011. Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita dalam Matematika Melalui Metode Problem Based Learning.PDSD Universitas Sebelas Maret: Suwakarta.

Gunantara, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa KelasV. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja: Indonesia.

Kunandar.2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maidiyah. Erni.Usman & KK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Darussalam Jurusan Penmat FKIP Unsyiah.

Sumiati. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Solichan. 2000. Jurnal Ilmiah Guru “COPE†No. 01 Mei Tahun 2000. Penerbit Universitas Negeri Yokyakarta.

Sanjaya Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-10-30