IMPLEMENTASI KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BERSUSUN DI KELAS IV SD
Abstrak
Kurangnya pemahaman siswa ketika belajar penjumlahan bersusun menjadi kendala dalam mencapai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar penjumlahan bersusun dengan mengimplementasikan kantong bilangan di kelas IV SD. Jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Tagart. Subyek penelitian 24 siswa kelas IV SDN 7 Kota Juang Bireuen.  pengumpulan data dengan tes awal, tes akhir tindakan, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian kantong bilangan pada pembelajaran materi penjumlahan bersusun dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci:Â penjumlahan bersusun, kantong bilangan, hasil belajarReferensi
Hamalik, Oemar. 2009. Proses BelajarMengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kelly, Catherine A. 2006. Using Manipulatives in mathematical Problem Solving: A Performance Based Analisysis. Journal Themontana Mathematics Enthusiast. Vol 3 No. 2. (184 – 193).
Moleong. 2009. MetodePenelitianKualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karyao Persada.
Sudjana, Nana. 2010. PenilaianHasil Proses BelajarMengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Pratama.
Sutarto, Indrawati. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jember: SAINS.
Usman dkk. 2008. PenelitianTindakanKelas. Banda Aceh: FKIP Unsyiah