PENGARUH TEORI-TEORI MUSIK UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DAN GURU MUSIK SEBAGAI ACUAN CARA MENCIPTA LAGU-LAGU SEDERHANA
Abstrak
Artikel ini membahas tentang Pengaruh Teori-teori Musik untuk Guru Sekolah Dasar dan Guru Musik sebagai acuan cara mencipta lagu-lagu sederhana. Adapun latar belakang tulisan ini bahwa Pengetahuan struktur komposisi musik merupakan persyaratan wajib bagi setiap orang yang medalami praktik maupun teori musik, khususnya ketika mencapai tingkat ketrampilan (grade) menengah ke atas baik secara informal maupun formal, Pengetahuan teori musik ini dianggap penting karena sebagai seorang Guru sekolah dasar atau guru musik pengetahuan teori ini sebagai acuan untuk mencipta lagu lagu sederhana, serta seorang Guru SD dan Guru musik yang mengajar musik selama ini akan dengan sendirinya merasakan kebutuhan teori musik ini dalam rangka mempertajam cara mengajar mencipta lagu lagu sederhana. Tujuan tulisan ini untuk mengetahui teori-teori musik sebagai acuan mencipta lagu sederhana, Metode penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan teori teori musik untuk guru sekolah dasar dan guru musik menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pembahasan dalam penelitian ini adalah teori dasar musik, motif  ialah sekelompok nada-nada linear yang tidak terlalu panjang yang didesain atas dasar figur ritmis dan/ atau melodis tertentu, kadens adalah “pungtuasi†dalam musik sebagai titik peristirahatan yang tersusun dari serangkaian akor-akor yang bergerak sedemikian rupa untuk menandai berakhirnya suatu frase atau seksi, bentuk kalimat (periode) yaitu terbentuk dari kombinasi beberapa frase terdiri dari tiga bentuk yaitu bentuk periode standar, periode pararel, dan periode kontras, dan bentuk lagu (song form) digunakan untuk mengidentifikasi baik pola-pola musik instrumental maupun vokal. Asal mula kata bentuk lagu diambil dari struktur yang dijumpai pada lagu-lagu pendek atau sedang seperti folksong dan himne.
Kata Kunci : motif, kadens, bentuk kalimat, bentuk laguReferensi
"Credits: A Love Supreme". All Music Guide. Retrieved February 18, 2005.
"Credits: Beatles for Sale". All Music Guide. Retrieved February 18, 2005.
“Musik†dalam Wikipedia, Ensiklopedi Bebas Berbahasa Indonesia†(http://id. wikipedia.org/wiki/Musik), di-download tahun 2007
“The Double Reed" (Currently Three Issues Per Year), I.D.R.S. Publications (see www.idrs.org) Zoutendijk, Marc. Letters to Flamurai. February 8, 2005.
Amer, Christine. 1972. Harper’s Dictionary of Music. London: Barnes & Noble Book.
Anonim. "Journal of the International Double Reed Society" (annual since about 1972), I.D.R.S. Publications
Apel, Willi. 1978. Harvard Dictionary of Music. Cambridge: Harvard University Press.
Baines, Anthony (ed.), 1961. Musical Instruments Through the Ages, Penguin Books.
Behrend, Siegfried (transkriptor). 1974. Johann Sebastian Bach: Präludium mit Fuge und Allegro D-Dur. Frankfurt am Main: Edition Wilhelm Hansen.
Duarte, John and Poulton, Diana (transk.). 1974. Robert Dowland: Varietie of Lute Lesson (1610), Voll V-Galliard. Italy: Bérben Edizioni Musical.
Grier, James. 1996. The Critical Editing of Music: Theory, Method, and Practice. Cambridge: Cambridge University Press.
Hunt, Edgar (piano transk.). 1956. Robert Dowland: Varietie of Lute Lesson (1610). London: Schott & Co. Ltd.
Indrawan, Andre, 1999. Classical Music Concert by Andre Indrawan (guitar) and Kara Ciezki (recorder). Elbourne: University if elbourbe Post graduate Association Inc. (leafleta acara resital).
Indrawan, Andre. 1999. Aria detta la Frescobalda. Darwin: Transkripsi cetakan sendiri.
Indrawan, Andre. 2003. Johann Sebastian Bach: Prelude, Fugue and Allegro. Melbourne: Transkripsi cetakan sendiri
Jamalus, 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud Ditjen Dikti.Proyek Pengembangan LPTK.
Kodiyat, Latifah. 2006 Marzuki: Wolfgang Amadeus Mozart komponis cilik dari Salzburg. Djambatan, Jakarta, ISBN 979-428-629-X
Kohlhase, Thomas. 1976. Neue Ausgabe Sämtlicher Werk; Herausgeben vom Johann-Sebastian-Bach-Institut Göttingen und vom Bach- Archiv
Leipzig, seri kelima jilid kesepuluh kumpulan Klavier- und Lautenwrke. London: Bärenreiter 2204
Matthews, Max Made. 2001. Music: An Illustrated History. London: Annes Publishing Limited.
McNeill, Rhoderik. 1998. Sejarah Musik 1. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Merriam, Allan P. 1964.The Anthroology of Music. Indian: IU Press.
Ottman, Robert W.1961.Advanced Harmony, Theory and Practice. N. J: Prentice-Hall, Inc.
Pidoux. Pierre. 1948. Girolamo Frescobalsi: Organ and Keyboard Works (the second book of Toccatas, Canzoni etc, 1637) Jilid IV. London: Bärenreiter 2204
Prier S.J., Karl Edmun, 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Sadie, Stanley, ed., 2001.The New Grove Dictionary of Musical Instruments, s.v. "Bassoon"
Scheit, Karl (transk.) 1982. Francesco da Milano (1497-1543): Ricercare und Fantasien. Wien: Universal Edition
Schmidt III, Henry Louis. 1969. The First Printd Lute Books: Francesco Spiracino’s “Intabulatura de Lauto, Libro primo & Libro second (Venice:
Petrucci, 1507)â€. Ph.D. the University of California at Chapel Hill.
Semangun, Haryono. 1992. Filsafat, Filsafat Pengetahuan, dan Kegiatan Ilmiah. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana UGM
Silsen, Myrna. 1973. Renaissance Lute Music for the Guitar; An Anthology of Constant Delight. New York: Robins Music Corporation.
Staton, Barbara, dkk., 1991. Music and You. Macmillan Publishing Company 866 Third Avenue New York, N.Y.10022 ISBN:0-02- 295005-2.
Teuchert, Heinz (transkriptor). 1978. Johann Sebastian Bach: Präludium, Fuge und Allegro BWV 998. München: G. Ricordi & Co.
Tyler, James. 1992. The Solo Lute Music of John Dowland. Ph.D. Berkeley: University of California.
Ward, John Milton.1953. The Vihuela de Mano and its Music (1536- 1576).
Ph.D. New York University.
Weaver, Robert L. 1986. "The Consolidation of the Main Elements of the Orchestra: 1470-1768". In Joan Peyser (Ed.) The Orchestra: Origins and Transformations pp. 7-40. Charles Scribner's Sons.