IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENGGALI INFORMASI DENGAN PERTANYAAN DI KELAS V SD NEGERI 3 PERCONTOHAN PEUSANGAN
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran Sub Tema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Kesehatan materi Menggali Informasi dengan pertanyaan di SD Negeri 3 Percontohan Peusangan, hal disebabkan siswa belum mampu membedakan fungsi dan penggunaan dari kata tanya apa, mengapa, dimana, siapa, kapan dan bagaimana, hanya 5 siswa dari 25 siswa yang mampu membuat kalimat tanya dari katanya tersebut, sehingga mengakibatkan kemampuan menggali informasi dengan pertanyaan siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan bertanya siswa untuk menggali informasi dengan menggunakan model pembelajaran TPS di kelas V SDN 3 Percontohan Peusangan. Jenis Penelitan Tindakan Kelas yang dilakukan dalam satu siklus dengan dua tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan angket. Instrumen yang diberikan berupa soal pertanyaan membuat kalimat tanya, lembar observasi dan lembar angket. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menyimpulkan hasil tindakan I dan tindakan II pada siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model TPS dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas V SDN 3 Percontohan Peusangan..
Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Think Pair Share, Keterampilan Bertanya,Menggali Informasi melalui bertanya
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2012. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Putrayasa, I. B. 2009. Jenis Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Rafika Aditama
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesional Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Slavin, Robert. E. 2005. Cooperative Learning (Teori & Praktik). Bandung: Nusa Media
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan & Implementasinya pada KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.