UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKHNIK MOZAIK PADA KELOMPOK A (4-5 TAHUN) DI TK TUNAS HARAPAN KECAMATAN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak melalui teknik mozaik serta untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan anak pada upaya meningkatkan motorik halus anak melalui teknik mozaik pada kelompok A (4-5) tahun di TK Tunas Harapan Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok A (4-5) tahun di TK Tunas Harapan Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara yang berjumlah 19 anak. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan hasil unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak melalui teknik mozaik mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil tes unjuk kerja anak dimana pada siklus I anak yang tuntas hanya 57,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,47%. Hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas anak dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui teknik mozaik juga mengalami peningkatan. Pada siklus I perolehan persentase aktivitas guru adalah 82,14% meningkat di siklus II menjadi 92,46%. Selanjutnya untuk observasi aktivitas anak siklus I 76,43% meningkat menjadi 86,43%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui teknik mozaik pada kelompok A (4-5) tahun di TK Tunas Harapan Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara.
Kata Kunci: Motorik Halus, Teknik MozaikReferensi
Asmani ma’mur, Jamal. 2009. Manajemen Strategis PAUD. Yogjakarta: Diva Press
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Dewi, Ni Wayan Risna, dkk. 2014. Penerapan Teknik Mozaik Berbantuan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Melukis Anak. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 2 No 1)
Ginantari, Ni Wyn. Devi. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Mozaik Berbantuan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 2 No 1)
MS. Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikti.
Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD. Jakarta Selatan: Laksana
Nurlaili. 2017. Optimalisasi Pengembangan Motorik Halusanak Usia Dini. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) ISSN: 2338-2163 - Vol. 05, No. 02
Saifuddin Azwar. 2014. Penyusunan Skala Psikologi Edisi Revisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Rektorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. Jakarta
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yudha M. Saputra & Rudyanto. 2005.Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen PendidikanNasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Rektorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.