PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 PEUSANGAN SELATAN PADA MATERI GAGASAN POKOK DAN GAGASAN PENJELAS MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Penulis

  • Nurlaili Nurlaili Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Yusna Yusna

Abstrak

Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV SD Negeri 7 Peusangan Selatan berdasarkan hasil observasi adalah masih rendahnya aktivitas siswa selama pelaksanaan pembelajaran serta masih rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas IV SD Negeri 7 Peusangan Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan dilakukan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 7 Peusangan Selatan sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes siklus, lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan menyajikan dan menyimpulkan hasil pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa dan juga respon siswa kelas IV SD Negeri 7 Peusangan Selatan pada materi menemukan gagasan pokok dan gagasan penjelas. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 43,75% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Hasil aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor persentase rata-rata 93% meningkat menjadi 94,5% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa siklus I diperoleh skor persentase rata-rata 67% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa siswa senang belajar dengan metode STAD dan memudahkan siswa dalam memahami materi.

Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Gagasan Pokok, Gagasan Penjelas, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)


 


Referensi

Arikunto, Suharsimi. dkk, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Maidiyah, dan Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Nusa Media: Bandung.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Pakem. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progressif. Kencana Prenada Media Grup: Jakarta.

Wijayanti, Sri Hapsari. dkk. 2013. Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Rajawali Pers: Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-09-30