UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIKDI KELAS IV SD NEGERI 6 PEUSANGAN

Penulis

  • Zulvida Zulvida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al Muslim
  • Jasmaniah Jasmaniah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al Muslim

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Peusangan  pada materi perkalian dan pembagian. Keterampilan berhitung operasi perkalian dan pembagian mempunyai peranan yang penting bagi siswa untuk memperoleh prestasi belajar matematika yang baik. Namun pada kenyataannya  masih banyak siswa yang  mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal mengenai operasi hitung  perkalian dan pembagian. Hal ini disebabkn karena pembelajaran materi perkalian dan pembagian masih belum mengaitkan dengan masalah dalam kehidupan sehari hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian dengan menggunakan pendekatan realistik di kelas IV SD Negeri 6 Peusangan. Pendekatan  yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Peusangan. Data dikumpulkan dari hasil tes, hasil observasi, hasil wawancara, catatan lapangan. Data hasil penelitian diolah secara kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Realistik pada materi perkalian dan pembagian dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari prestasi belajar  siawa pada materi perkalian dan pembagian siklus I mencapai  86,36% siswa tuntas, meningkat pada siklus II menjadi 90,91%. Kegiatan guru siklus I mencapai skor rata-rata 83,33%, pada siklus II meningkat mencapai 86,67% dan tergolong dalam kategori baik. Sedangkan kegiatan siswa siklus I mencapai skor rata-rata 82,5%, pada siklus II meningkat mencapai 84,17%,  ini tergolong dalam kategori baik. Respon  siswa terhadap pembelajaran materi perkalian dan pembagian menggunakan Pendekatan Realistik adalah positif

Kata kunci : Prestasi Belajar, perkalian dan pembagian,  Pendekatan Realistik

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara. Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta

Fadhilah. 2013. Upaya Meningkatkan Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Satuan Waktu Dengan Pendekatan Realistik Di Kelas V SD Negeri 1 Bireuen. UMUSLIM Bireuen: (Skripsi tidak dipublikasikan).

Jumaina, Riska. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Membandingkan Dan Mengurutkan Pecahan Dengan Pendekatan Realistik Di Kelas IV SD Negeri 1 Bireuen.UMUSLIM BIREUEN: (Skripsi: tidak dipublikasikan).

Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Kencana: Jakarta.

Sholekhah, Herawati. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Kelas II SD 3 Bantul, (Online), (http://digilib.uinsuka.ac.id.pdf). Diakses 14 maret 2015.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Maidiyah, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Universitas Syiah Kuala. Darussalam

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wiratmadja. 2007. Metodologi Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-03-27