PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI (SMARTPHONE) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA DALAM KONSEP DASAR IPA

Penulis

  • Sarah Fazilla PGMI-FTIK, IAIN Lhokseumawe

Abstrak

Kualitas pendidikan di Indonesia dapat menjadi lebih baik jika pihak terkait yang terlibat didalamnya mampu mengembangkan berbagai metode – metode yang menarik dalam proses pembelajaran. Pihak utama dalam proses pendidikan khususnya di perguruan tinggi yaitu adanya keterlibatan aktif pendidik (dosen) dalam berinovasi agar proses menajdi lebih baik, salah satunya dengan memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar seperti mengkombinasikan proses pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi (smartphone). Penggunaan teknologi informasi sendiri juga tidak terlepas dari sisi negatif, harus ada aturan dan etika bagaiman memanfaatkan teknologi serta juga harus mampu mengembangkan sikap ilmiah terhadap permasalahan dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini ingin melihat kemampuan analisis mahasiswa dengan memanfaatakan teknologi informasi (Smartphone) dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Konsep Dasar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif, penelitian ini dilaksanakan di Jurusan PGMI, FTIK - IAIN Lhokseumawe dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa semester 1 Jurusan PGMI. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan angket. Hasil penelitian yang didapatkan dari wawancara, observasi, angket dan studi dokumentasi pada mahasiswa PGMI semester I didapatkan bahwa dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi berupa smartphone menajdikan kemampuan analisis mahasiswa menajdi lebih baik. Kemampuan analisis yang terlihat diantaranya mahasiswa sudah mampu telah mampu mengurai suatu materi menjadi bagian-bagian penyusunnya dan menentukan hubungan antara bagian-bagian tersebut dengan materi tersebut secara keseluruhan, sehingga proses membedakan, menghubungkan, dan proses mengorganisasikan terlihat lebih terstruktur. Dapat disimpulkan dengan memanfaatkan smartphone dalam pembelajaran konsep dasar IPA mampu menjadikan kemampuan analisis mahasiswa terhadap materi menjadi lebih baik, manfaat lain yang didapatkan yaitu mahasiswa menjadikan smartphone sebagai sarana untuk berbagi informasi dan membahas materi perkuliahan melalaui aplikasi whatsapp.

Kata Kunci: :Analisis, Kemampuan Teknologi Informasi (Gadget), Konsep Dasar IPA

Referensi

Arikunto, S. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Boden, M.A. 1998. Creativity and Artificial Intelligence. Artificial Intelligence Journal, Volume 103, Issues 1–2, August 1998, Pages347-356. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0004370298000551. Diakses Pada 26 Februari 2018

Daeng, Intan T.M , dkk. 2017. Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Jurnal, Vo.VI.No.1. https://media.neliti.com/media/publications/91161-ID-penggunaan-smartphone-dalam-menunjang-ak.pdf. Diakses 15 Maret 2019

Djamarah, S.B dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Faridah, Idha dan Ernik Yuliana. 2014. Sikap Mahasiswa Memanfaatakan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Vo.15 No.2. http://ilp.ut.ac.id/index.php/JPTJJ/article/download/214/177/. Diakses Pada 20 Februari 2019

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia: Bandung.

Hamalik, Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar. Bumi: Jakarta.

Lantip, Prasojo Diat dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidika. Gava Media: Yogyakarta.

Munthe, Bermawy. 2009. Desain Pembelajaran. Pustaka Insan Madani: Yogyakarta.

Sudjana.2005. Metoda Statistika. Tarsito: Bandung

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung

Suharso dan Ana Retnoningsih. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Widya Karya: Semarang

Timbowo, Deify. 2016. Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media Komunikasi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi), Jurnal Acta Diurna Vol. V. No.2. Tahun 2016. https://media.neliti.com/media/publications/91480-ID-manfaat-penggunaan-smartphone-sebagai-me.pdf. Diakses Minggu 17 Maret 2019.

Uno, Hamzah B dan Satria Koni. 2013. Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta

Uno, Hamzah. B dan Nina Lamatenggo. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. PT Bumi Aksara: Jakarta

Warsita, Bambang. (2008) Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya, Rineka: Jakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-03-27