PEMBELAJARAN BANGUN BIDANG DAN BANGUN RUANG MODEL SAVI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PEUDADA
Abstrak
Pembelajaran pada siswa kelas IV SD tidak maksimal, siswa kurang aktif dalam belajar yang berpengaruh pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bangun bidang dan bangun ruang dengan metode SAVI pada siswa  kelas IV SD. Jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Tagart. Subyek penelitian 24 siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen. Metode pengumpulan data dengan tes awal, tes akhir tindakan, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode SAVI dapat meningkatkan aktivitas, kegiatan belajar aktif dan dapat meningkatkan prestasi belajar bangun bidang dan bangun ruang siswa kelas IV SDN 1 Peudada.
Â
Kata Kunci: Model pembelajaran SAVI, bangun bidang dan ruangReferensi
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada: Depok.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. AR RUZZ MEDIA: Yogyakarta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran iInovatif-progresif. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Zusnani, Ida. 2013. Pendidikan Kepribadian Siswa SD-SMP. Tugu Publisherz: Yogyakarta