PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Penulis

  • Lia Hafni Universitas Al-Muslim
  • Jasmaniah Universitas Al-Muslim

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang maksimal, siswa kurang aktif pada saat pembelajaran yang dilaksanakan guru, sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas IV SD Negeri 2 Muara Dua pada materi struktur tumbuhan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Muara Dua berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan angket. Data diolah secara kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa: Pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Muara Dua pada materi struktur tumbuhan. Hal ini, dapat dilihat dari ketuntasan siklus I diperoleh  42,42% dan meningkat menjadi 90,90% pada siklus II. Terjadi peningkatan sebesar 48,48%.Terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan aktivitas siswa pada materi struktur tumbuhan. Hal ini, terbukti bahwa pada aktivitas guru siklus I  88,00% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,00%. Aktivitas siswa siklus I 87,33% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,00%. Respon siswa terhadap model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi struktur tumbuhan menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini dapat dilihat pada jumlah respon siswa sangat baik terhadap proses pembelajaran yang diberikan guru.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-30