UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PEMBAGIAN MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS II SDN 3 PERCONTOHAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Penulis

  • Agustina Putri SD Negeri 3 Percontohan Peusangan

Abstrak

Mata Pelajaran Matematika merupakan salah satu bidang studi kurikuler di tingkat Sekolah Dasar (SD). Karena rendahnya pemahaman siswa terhadap pelajaran ini khususnya materi perkalian bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif di Kelas VI SD Negeri 14 Simpang Mamplam, penulis melakukan Penelitian. Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus pembelajaran.  Fokus Penelitian ditekan pada peningkatan kemampuan siswa dibidang perkalian bilangan bulat serta peningkatan kemampuan guru menggunakan media garis bilangan. Kegiatan penelitian dilaksanakan di SD Negeri 14 Simpang Mamplam semester I Tahun Ajaran 2021/2022 pada siswa Kelas VI yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 6 laki -laki dan 9 perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif dengan menggunakan media garis bilangan. Setelah dilakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media garis bilangan, hasil dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari data yang dikumpulkan, pada kegiatan pembelajaran prasiklus dari 15 siswa yang mendapat nilai A (sangat baik) tidak ada, yang mendapat nilai B (baik) ada 2 siswa atau 13%, nilai C (cukup) ada 2 siswa atau 13%, nilai D (kurang) ada 4 siswa atau 27% dan nilai E (sangat kurang) ada 7 siswa atau 47 %. 

Referensi

Aqib, Zainal. Dkk.2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD,SLB.dan TK. Bandung : Yrama Widya.

Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2006.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Depdikbud. 1996. Petunjuk Peneingkatan Mutu Pendidikan. Jakarta : Dirjen Dikdas dan Menum, Direktorat Dikdas, Depdikbud.

Hopkin, David. 1993 A Teacher`s Guide To Classroom Reseach. Philadeiplia Open University PressHuda, M. 2014. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kasbolah, K. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Depdiknas

Kunandar. 2013. Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Kurikulum 2013 Jakarta:PT.Rajagrafindo Persada.

Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005), hal. 152

Rochiati Wiridiatmaja, Metode Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

Shoimin, Aris. 2014 Model Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Persada.

Suharsimi Arikunto, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: PT. Bumi Akasara 2009).

Suryadi, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, (Jogjakarta: Diva Press, 2011), hal. 22

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Wiriaatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya

Wiriaatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya

Zainal Aqib, Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: Yama Widya, 2009) hal. 20

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-31