UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENJUMLAHAN MODEL NHT DI KELAS I SDN 7 SPM
Abstrak
Penjumlahan merupakan materi matematika yang diajarkan di kelas I SD. Materi tersebut terasa menakutkan bagi siswa kelas I. Sehingga berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, siswa masih kurang memahami materi penjumlahan. Hal ini disebabkan pembelajaran yang tidak menarik bagi siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Melalui Model Pembelajaran Number Head Together dengan Menggunakan Media Tangga Pintar di Kelas 1 SD Negeri 7 Simpang Mamplam?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah “Untuk mendeskripsikan dan mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Melalui Model Pembelajaran Number Head Together dengan Menggunakan Media Tangga Pintar di Kelas 1 SD Negeri 7 Simpang Mamplam”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 7 Simpang Mamplam pada semester ganjil tahun pelajaran 2021-2022 berjumlah 26 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal, tes akhir, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Data tersebut diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan di kelas I SD Negeri 7 Simpang Mamplam. Hasil tes akhir siklus I dengan persentase 38,5% siswa yang tuntas, dan pada tes akhir siklus II dengan persentase 88,5% siswa yang tunta, sehingga mengalami peningkatan 50%
Referensi
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitiam Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Maidiyah. E & Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.
Saepudin, Aep, dkk. 2009. Gemar Belajar Matematika 5: untuk Siswa SD / MI Kelas 5. Jakarta: Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.