PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA
Abstrak
Tujuan penelitian ini untukĀ meningkatkan hasil belajar murid kelas kelas I SDN 11 Jangka pada materi penjumlahan dan pengurangan. Pendekatan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan adalah berupa hasil tes yaitu tes awal dan tes akhir setiap tindakan, hasil observasi kegiatan guru dan murid, hasil wawancara dengan responden penelitian dan catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah murid kelas I SD Negeri 11 Jangka yang berjumlah 19 orang. Data hasil pelaksanaan penelitian diolah dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas I SD Negeri 11 Jangka pada materi penjumlahan dan pengurangan. Hal ini terlihat pada pelaksanaan tes awal diperoleh persentase sebanyak 31,58% meningkat menjadi 57,89% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 84,21% pada siklus II. Aktifitas belajar mengajar pada materi penjumlahan dan pengurangan juga meningkat. Hal ini terlihat dari hasil observasi yang dilakukan pada pelaksanaan siklus I diperoleh persentase 78,92% dan pada pelaksanaan siklus II diperoleh persentase 88,92%. Hasil wawancara dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga mendapat respon positif dari murid kelas I SD Negeri 11 Jangka.
Referensi
Alwi, Hasan dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jarakta : Balai Pustaka
Djaramah syaiful Bahari, Zain Aswan, 2006, Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi, Banjarmasin: Renaka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. 2002. Psikoiogi Belajar Mengajar,
Bandung: Sinarbaru
Sanjaya, Wina, 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Fajar Interpratama offset
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset
Zainal dkk, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Yrama Widaya