UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ATLETIK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN KELAS VI SDN 3 PERCONTOHAN PEUSANGAN

Penulis

  • Hairawati Hairawati SD Negeri 3 Percontohan Peusangan
  • Dedi Dedi SD Negeri 3 Percontohan Peusangan

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi atletik melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa kelas VI SD Negeri 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen dalam mengikuti pembelajaran materi atletik melalui pendekatan bermain, untuk mengetahui tanggapan siswa kelas VI SD Negeri 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen terhadap penerapan pendekatan bermain dalam materi atletik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen dengan fokus penelitian adalah pendekatan bermain. Hasil penelitian diperoleh bahwa meningkatkan keterampilan siswa kelas VI SD Negeri 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen dalam mengikuti pembelajaran atletik dapat dilakukan dengan menerapkan metode bermain. Pendekatan bermain yang dilakukan oleh guru penjas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen karena siswa senang dengan aktifitas permainan, sehingga pendekatan bermain dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran atletik.

Referensi

Akbar, R., & Hawadi. 2004. Akselerasi: A-Z Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: Grasindo.

Ardana, Wayan. 2002. Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arikunto, suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Ateng, Abdul Kadir. 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Dirjendikti. Jakarta: Depdikbud.

Chen, S.-C., Yang, S. J., & Hsiao, C.-C. 2015. Exploring Student Perception, Learning Outcome and Gender Defferences in a Flipped Mathematics Course. British Journal of Educational Technology.

Djiwandono, S. E. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Krapp, A. 2002. Structural and Dynamic Aspects of Interest Development: Theoretical Considerations From an Ontogenetic Perspective. Learning and Instruction, 12, 383-409

Majid, A. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Molstad, C. E., & Karseth, B. 2016. National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal, 15 (3), 329-344.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Samsudin, 2014. Desain Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Litera Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2006. Mengajar dan Membimbing. Jakarta: Remaja Karya.

Yi Ching Huang. 2012. Physical Fitness and Academik Achievement of Elementary School Students. jpes.

Young, M. E., Klemz, B. R., & Murphy, J. W. 2003. Enhancing Learning Outcomes: The Effects of Instructional Technology, Learning Style, Instructional Methods and Student Behavior. Journal of Marketing Education, 25, 130.

Yudha M. Saputra, M.Ed. 2003. Pembelajaran Atletik di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-31