PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS VI SD NEGERI 16 JULI

Penulis

  • Fathimah Fathimah SD Negeri 16 Juli

Abstrak

Kemampuan siswa masih rendah dalam memahami matematika sebagai masalah yang cukup sulit. Berdasarkan hasil observasi peneliti di pembelajaran, khususnya pada pelajaran matematika. Untuk mengatasi permasalahan diatas maka dibutuhkan perhatian yang serius bagi guru dan terampil dalam memilih, menetapkan dan menggunakan model yang tepat dan cara pelaksanaan yang benar. Peneliti ingin menerapkan model pembelajran Numbered Head Together (NHT). Bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dikelas VI SD Negeri 16 Juli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 16 Juli Tahun Pelajaran 2021/2022. Data yang dikumpulkan melalui tes, hasil observasi, hasil wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 16 Juli pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini terlihat dari tes akhir siklus 1 diperoleh persentase 60% dan hasil tes akhir siklus II meninggkat menjadi 90 %. Aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran sudah termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil wawancara menunjukkan siswa senang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudojo, H. (2005). Teori Belajar untuk Pengajaran Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Istarani. (2011). Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan : Media Persada

Maidiyah. E & Usman. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam : Universitas Syiah Kuala.

Moleong, Lexy. J. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja

Soedjadi. (2001). Pembelajaran Matematika Realistik: Pengenalan Awal dan Praktis. Makalah disampaikan pada seminar Nasional di FMIPA UNESA. Semarang: UNESA.

Suherman (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas : untuk meningkatkan kinerja guru dan dosen. Bandung : Remaja Rosda Karya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-31