Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Perubahan Lingkungan Menggunakan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Percontohan Peusangan

Penulis

  • Maisarah Maisarah SD Negeri 3 Percontohan Peusangan

Abstrak

Meningkatkan hasil belajar IPA pada materi  perubahan lingkungan dengan model  pembelajaran  Discovery learning  pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi perubahan lingkungan dengan model  pembelajaran  discovery learning  pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen, untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran discovery learning   dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada materi perubahan lingkungan dengan model  pembelajaran  Discovery learning  Kabupaten Bireuen, untuk mengetahui tingkat keberhasilan penguasaan perubahan lingkungan dengan model  pembelajaran  Discovery learning  pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Percontohan Kabupaten Bireun. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen dengan fokus Penelitian Tindakan Kelas adalah dengan model  pembelajaran  Discovery learning. Hasil penelitian diperoleh bahwa untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi perubahan lingkungan pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen. hasil belajar tentang perubahan lingkungan pada siswa Kelas VI SD Negeri 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen Bireuen meningkat dari 61,36 sebelum diberi tindakan, menjadi 94,12 pada siklus 1.

Referensi

Azhari (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri UNGGUL Sigli. Jurnal Biologi Edukasi. 7 (1):16.

Kristin Firosalia (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. 2(1):90-98.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Lorensa G.V, Sopiatun N, Helby A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI kelas IV Di MI Hubbul Wathan Petai Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. JOM FTK UNIKS. 2 (2):18-30.

Purwanto, M Ngalim (1997). Psikologi Pendidikan. Banding: PT. Remaja Karya.

Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan Komunikasi dan Disposisi Matematik Siswa SMP melalui Discovery Learning. Edusentris, 2(3), 241– 252.

Sardiman (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.

Schunk, Dale H. (2012). Learning Theories. Jakarta: Pustaka belajar.

Wahjudi, Eko. 2015. Penerapan Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. Jurnal Lentera Sains (Lensa). 5 (1): 2-3

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-31