UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS III SD NEGERI 7 SAWANG
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Pendekatan Matematika Realistik dan Pecahan.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang pecahan, aktivitas guru dan aktivitas siswa serta respon siswa dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 7 Sawang Kab. Aceh Utara yang berjumlah 16 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada tindakan siklus I dengan persentase 56% dan pada tindakan siklus II 87,5%. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat sebanyak 31,5%. Dengan ini proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik dapat memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa. Respon siswa yang diamati terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik sedah jauh lebih baik dan pendekatan pembelajaran tersebut dapat diterima dengan baik oleh siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang menjawab senang mencapai persentase 80,95 dan persentase siswa yang menjawab tidak senang mencapai persentase 10,94. Dengan demikian penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik sangat disenangi siswa dan memotivasi siswa dalam belajar baik secara individual maupun kelompok.
Referensi
Afriansyah, E.A. dan Muna, D.N. (2016). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif Teknik Kancing Gemerincing dan Number Head Together. Jurnal pendidikan Matematika STKIP Garut. 3 (1).
Alwasilah, A. C. (2008). Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan. Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.
Arikunto, S. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.
Kemendikbud 2017. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Paket A Tingkatan II Modul Tema 2. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Masidjo. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Nuzilatus, Retno S (2014) Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran Pkn Materi Globalisasi Dengan Strategi Critical Incident Pada Siswa Kelas Iv Mi Ma’arif Nu Sukodadi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Priyatni, E, T. 2002. Penerapan Konsep dan Prinsip Pengajaran dan Pembelajaran dan Pembelajaran Konstekstual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kumpulan Materi TOT CTL Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Jakarta: Depdiknas
Purwanto.2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT remaja rosda karya
Purwanto.2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Rosna, A. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol 4, No 7 (2016) https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/296173
Rusman. 2011. Pendekatan-pendekatan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya.W.2009. Strategi pembelajaran .jakarta: kencana Prenada media group
Rohmah , S.A; Fakhriyah F, Ardianti, S.D. 2019. Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model CTL Berbantuan Media Kotak Lingkungan Hewan Pada Tema 6 Kelas IV. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol. 2 No. 2, Desember 2019 ISSN 2620-9780 (Online), http://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP
Sudjono, A.2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya:Kencana.
Trianto, 2011, Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara.
Trianto. 2010. Mendesain Pendekatan Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Saptono, Y. J. 2016. Motivasi Dan Keberhasilan Belajar Siswa. jurnal Regula Fidel Volume I, Nomor 1, Februari 2016 Halaman 189 – 212