PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI MANFAAT KENAMPAKAN ALAM SERTA CIRI-CIRI SOSIAL BUDAYA DAERAH SETEMPAT DI KELAS IV SD NEGERI 8 KUTABLANG
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Contecxtual Teaching and Learning, Kenampakan AlamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan hasil belajar siswa; 2) aktivitas guru dan siswa, 3) respons siswa terhadap model pembelajaran Contecxtual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 8 Kutablang yang berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, lembar observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) terjadi peningkatan prestasi belajar siswa disetiap siklusnya, siklus I memperoleh persentase 63,1% dan kemudian meningkat menjadi 94,7% pada siklus II; 2) aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 81,17% dan meningkat menjadi 88,86% pada siklus II, dan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 74,23%, dan meningkat menjadi 91,2% pada siklus II; 3) respon siswa terhadap model pembelajaran Contecxtual Teaching and Learning (CTL) tergolong baik dengan persentase 95%. Dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) secara tepat dalam pembelajaran IPS, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi manfaat kenampakan alam serta ciri-ciri sosial budaya setempat. Aktivitas guru dan siswa telah berlangsung dengan baik. Renspon siswa pada materi mamfaat kenampakan alam serta ciri-ciri sosial budaya daerah setempat dengan manggunakan model contextual teaching and learning pada dua siklus secara umum memberikan respon yang sangat baik.
Referensi
Arikunto, S. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi. Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta.
Mustofa. 2016. Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Peserta Didik Kelas X-MIA EI 2 SMAN 6 Yogyakarta. JP2F, Volume 7 Nomor 2 September 2016.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Prenada : Jakarta.
Sudjana, N. 2006. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana