PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 10 PEUSANGAN

Penulis

  • Ola Irhamna Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim
  • Ety Mukhlesi Yeni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Kata Kunci:

Model Pembelajaran CIRC, Materi sumber daya alam, hasil belajar.

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam serta rendahnya aktivitas guru dan siswa di SD Negeri 10 Peusangan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, (2) aktivitas guru dan siswa serta, (3) mengetahui respon siswa kelas IV SD Negeri 10 Peusangan melalui model pembelajaran CIRC pada materi sumber daya alam.  Yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 Peusangan yang berjumlah 20 siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 10 Peusangan, hal tersebut dilihat dari persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65% dan meningkat pada siklus II sebesar 85%, aktivitas guru dengan persentase 77,2% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 92,91%, dan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 82,35% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93,75%, jadi taraf keberhasilan aktivitas guru dan siswa sudah tuntas berdasarkan observasi kedua pengamat termasuk kategori sangan baik. Respon siswa menunjukkan bahwa siswa SD Negei 10 Peusangan memberi respon positif terhadap penerapan model pembelajaran CIRC dengan persentase sangat senang 69,18%, senang 25,77%, kurang senang 36,5%, dan tidak senang 1,9%.   

Referensi

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Baru Algesindo.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Moleong, L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah dasar.Jakarta.Indeks.

Slavin, R. E. (2005).Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon

Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesind

Uno, H dan Nurdin, M. (2011). Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: PT Bumi Aksara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-30