PERSEPSI GURU PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR SECARA LURING SISWA SD NEGERI 2 PEUSANGAN SELATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID 19

Penulis

  • Rizki Yani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim
  • M.Taufiq
  • Faizah M. Nur Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran dilaksanakan luring yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Peusangan Selatan. Minat belajar siswa selama dilaksanakan belajar luring. Hasil belajar siswa selama dilaksanakan melalu luring. Penelitian bertujuan mengetahui minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Peusangan Selatan secara luring selama pandemi covid 19. Persepsi guru mengikuti belajar luring siswa kelas IV SD Negeri 2 Peusangan selatan selama masa pandemi covid 19. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa berjumlah 9 orang dan guru yang melaksanakan pembelajaran Luring 3 orang. Teknik pengumpulan data observasi, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data melalui (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator pembelajaran diperoleh nilai pada indikator pertama sebesar 84,13%, indikator kedua sebesar 80%, indikator ketiga sebesar 85,19% , indikator keempat sebesar 91,11 dan indikator kelima 96%. Hal ini dapat dikatakan bahwa siswa memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan guru melalui pembelajaran luring. Namun, hanya beberapa siswa yang kurang berminat dalam belajar, hal ini dikarenakan faktor dari siswa sendiri dan faktor lingkungan.Persepsi guru pada pembelajaran yang dilaksanakan masih kurang baik karena pembelajaran yang dilaksanakan susah dalam pelaksanaannya dan siswa yang dikumpulkan juga mengalami kesusahan

Referensi

Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bungin, Burhan.2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan. Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Putra Grafika

Hakim. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman, 2007, Qualitative Data Analysis. (terjemahan), Jakarta : UI Press.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Syah. 2015. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi. Aksara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-30