KEMAMPUAN SISWA MENULIS KALIMAT BERDASARKAN KOSAKATA KELAS II SD DI DESA KARIENG KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya kemampuan siswa kelas II dalam dalam menulis kalimat yang ditentukan kosakatanya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis kalimat berdasarkan kosakata pada siswa di Kelas II Desa Karieng Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas II Gampong Karieng berjumlah 4 siswa. Teknik pengumpulan data adalah teks bacaan, mengumpulkan hasil kerja responden. Teknik analisis data adalah menghitung nilai kemampuan rata-rata. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa nilai rata-rata dari siswa kelas II SD Gampong Karieng Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen setelah dilakukan menulis kalimat berdasarkan kosakata dari setiap anak tersebut diperoleh nilai rata-rata yaitu 63 ini berada pada kategori cukup. siswa yang mendapat nilai kurang baik dalam kemampuan menulis berjumlah 1 orang atau 25%, siswa yang memperoleh nilai cukup baik berjumlah 3 orang atau 75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan siswa kelas II SD di Gampong Karieng sudah mampu menulis dengan baik kosakata yang diberikan guru berdasarkan tumbuhan dan hewan.
Referensi
Annisa, Dona Fitri & Ifdil. (2008). Konsep Kecemasan Pada Lanjut Usia (6-10). Konselor, 1(2), 93-99.
Azmussya’ni. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses Dengan Media Gambar Di SDN 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 –Nomor 1. Hal 1-14.
Dalman, 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Keraf, G. 2009.Tata Bahasa Indonesia.Ende: Nusa Indah
Meryam. 2017. Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Xi Ipa Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar.
Munira. 2016. Pengaruh Kemampuan Kosakata Dan Struktur Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 16, Nomor 1, April 2016, hlm. 78-87
Moleong, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya
Rosidi, Muhamad. 2009. Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa SMP Negeri 2 Sambi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suyana. 2017. Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Smp Melalui Penggunaan Media Daftar Kosakata. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. Volume 1, No. 1, Februari 2017: Page 86-93
Sundari, Nina. 2014 “Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quiz Team”. Antologi PGSD Volume 1, Nomor 3. Hal 1-8
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan