UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN TEKS DONGENG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 8 JEUMPA

Penulis

  • Sarah Nadia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Kata Kunci:

Memahami isi , Teks Dongeng, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Abstrak

Penelitian ini didasari dari kesulitan siswa dalam menceritakan kembali teks dongeng pada kelas III SD Negeri 8 Jeumpa. Tujuannya untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami isi teks dongeng pada siswa kelas III SD Negeri 8 Jeumpa melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data berdasarkan hasil tes, observasi dan angket. Sumber datanya adalah siswa kelas III SD Negeri 8 Jeumpa berjumlah 23 orang siswa dengan berbagai tingkat kemampuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi teks dongeng. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu dari 35% pada saat tes pratindakan atau sebelum pembelajaran berlangsung. Kemudian mengalami peningkatan menjadi 70% pada siklus I dan pada siklus II hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan sebesar 91%. Demikian juga melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa kelas III SD Negeri 8 Jeumpa pada materi memahami isi teks dongeng. Hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan persentase aktivitas guru pada siklus I yaitu 83% tergolong kategori baik dan aktivitas guru pada siklus II yaitu 92% tergolong kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas  siswa pada siklus I yaitu 84,5% tergolong kategori baik dan aktivitas  siswa pada siklus II yaitu 94% tergolong kategori sangat baik. Hasil angket respon siswa melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi memahami isi teks dongeng di kelas III SD Negeri 8 Jeumpa menunjukkan hasil yang sangat baik yaitu respon yang menjawab ya sebesar 90% dan respon tidak sebesar 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SD Negeri 8 Jeumpa dalam memahami isi teks dongeng

Referensi

Dina, Nurmalisa. 2015. Keterampilan Menulis Kembali Dongeng Dengan Teknik Bola Panas. Jurnal PGSD. Vol 1, nomor, 2. Hal 1-13.

Istarani. 2012. 56 Model-Model Pembelajaran.Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kosasih, HE. 2012. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV Yrama Widya

Maidiyah, Erni. Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.

Moleong, Lexy J. 2015. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugrananda. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Metode Kooperatif Jigsaw Di Kelas IV SD Negeri Jimbung Klaten. Vol 2 No.1. Hal 90-101.

Nurgiyantoro, 2012. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra:Bandung: CV Yrama Widya.

Subyantoro, 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit: Universitas Diponegoro Semarang: CV. Widya Karya Semarang.

Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Suprijono.Agus. 2012. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya : Pustaka Pelajar.

Tarigan, H.G dkk. 2011. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Wiriatmaja, Rochiati. 2011. Metode Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya.

Yeti, Mulyati. 2012. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-30