UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS NONFIKSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DI KELAS V SD NEGERI 8 KUTA BLANG

Penulis

  • Rosnita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Abstrak

Rendahnya hasil belajar siswa dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi Pengukuran Berat sehingga aktivitas guru, siswa serta respon terhadap pembelajaran belum optimal. Hal tersebut terjadi pada materi Tek Nonfiksi sebagai dasar masalah di kelas V SD Negeri 8 Kuta Blang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan respon siswa melalui pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi Tek Nonfiksi di kelas V SD Negeri 8 Kuta Blang. Pendekatan ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sedangkan sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VSD Negeri 8 Kuta Blang yang berjumlah 20 orang siswa. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, hasil observasi yang meliputi hasil observasi kegiatan guru, siswa, dan respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tek Nonfiksi. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus I yaitui 65% meningkat pada siklus II menjadi 90% dan mengalami peningkatan sebesar 25%. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor persentase rata-rata 91,66% meningkat pada siklus 11 menjadi 94,16% dan mengalami peningkatan sebesar 4,17%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor persentase rata-rata 90,83% meningkat pada siklus II menjadi 94,16% dan mengalami peningkatan sebesar 3,33%. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation (GI) cukup baik, siswa merasa senang belajar dengan menggunakan model Group Investigation (GI) sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Referensi

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bate’e, Anugerah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika SD Negeri 4 Idanogawo. Universitas Negeri Medan.

Buku Siswa SD Kelas III. 2018. Tema III Benda Di Sekitarku. Jakarata: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Maidiyah, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Unsyiah: Banda Aceh.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudarmini, dkk. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok pada Materi Kesebangunan dan Simetri di Kelas v Sekolah Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Indonesia: Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-30