PENDEKATAN MATEMETIKA MENTAL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGURANGAN KELAS IV SD NEGERI 10 JANGKA KABUPATEN BIREUEN

Penulis

  • Marzuki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Kata Kunci:

matematika mental, operasi pengurangan.

Abstrak

Untuk ketercapaian kompetensi belajar siswa pada materi pengurangan dua bilangan, dilaksanakan pembelajaran maksimal dengan harapan prestasi siswa juga maksimal, kenyataan berdasarkan hasil tes pada siswa terhadap penguasaan pengetahuan pengurangan masih terdapat 66,66 % siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Penggunaan pendekatan matematika mental sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengurangan dua bilangan pada siswa kelas IV SD Negeri 10 Jangaka. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pre test, post test, observsi langsung oleh pengamat ketika proses pembelajaran berlangsung, wawancra dan catatan lapangan. Triangulasi dilakukan untuk mengecek keabsahan.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengolahan data juga dilakukan berdasarkan metode kualitatif. Berdasarkan hasil Tindakan setelah dilakukan pembelajaran pengurangan dua bilangan dengan pendekatan matematika mental bahwa hasil observasi pada kegiatan guru maupun kegiatan siswa kategori baik. Hasil tes setelah tindakan  pada 21 siswa terjadi peningkatan prestasi

Referensi

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Bennett, A. B., & Nelson, L. T. 2001.Mathematics for Elemntrary Teachers, A Conseptual Approach. New York: McGraw-Hill Companies.

Farida. Animatul nova. 2011. “Pengaruh Mental Aritmatika Terhadap Minat Belajar Matematika di Bimbingan Belajar Ima (internasional mental aritmatika) Tulungagung”. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2115. diakses pada 11 Februari 2021 pukul 10.15.

Hidayati, Kurnia. Dkk 2019. “Pengaruh Mental Aritmatika Sempoa terhadap Kreativitas Anak di Sempoa Kreatif Ponorogo”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. http://repository.iainponorogo.ac.id/453/. diakses pada 15 Februari 2021 pukul 13.30.

Karso. 2009. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: universitas Terbuka.

Marzuki. dkk. 2019. “The Fourth Grade Student’s Achievement in Mental Computation” dalam jurnal IOSR-JRME Journal of Research & Method in Education Volume 9, Issue 6 Ser. III. (Nov. - Dec .2019) (halaman39-42). India.

Moleong, L. 2007. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prihandoko, Cahaya Antonius. 2006. Pemahaman dan Penyajian Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: Ar-ruzz Media.

Subrinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Russeffendi, E. T.1988 Pengajaran Matematika Modern. Bandung : Tarsito.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-30