PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR SELAMA MASA PANDEMI COVID - 19
Kata Kunci:
Peran Orang Tua, Pembelajaran Online, Anak Usia Sekolah dasar, Pandemi Covid-19Abstrak
khususnya pendidikan dasar sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring (online). Dalam pelaksanaannya pada jenjang pendidikan dasar peran orang tua menjadi hal yang fundamental agar proses pembelajaran online dapat terlaksana dengan maksima. Pada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran online pada anak usia sekolah dasar selama masa pandemic covid 19. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang tua memiliki persepsi yang baik terhadap pembelajaran online dan telah melakukan perannya dengan baik walaupun belum maksimal baik dalam hal pembimbingan, pendampingan dan penyediaan fasilitas pendukung. Namun dalam pelaksanaanya juga terdapat berbagai kendala diantaranya kesulitan dalam memberi pemahaman materi kepada anak, manajemen waktu yang belum dapat diatur anatara bekerja dan mendampingi anak serta terkendala pada jaringan dan kuota internet. Dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam proses pembelajaran online pada anak selama masa pandemi Covid – 19 sudah baik namun terdapat sebagian orang tua yang belum maksimal dalam pelaksanaannya dengan berbagai kendala yang ada.
Referensi
Benthley, Y., S, H., & S, A. (2012). Design and evaluation of student-focused E - Learning. Electronic Journal of E-Learning, 1 - 12
Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 183.
Dahiya, S. J. (2016). An A Learning System For Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 132 - 135.
Drost, J. (1999). Proses Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Hero, H., & E.S, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Iligetang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 129 - 139.
Hurlock, E. B. (1999). Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning): Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face to Face, E - Learning offline - online, dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Kemendikbud. (2020, Maret 24). https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/. Retrieved Juli 20, 2020, from https://pusdiklat.kemdikbud.go.id: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penaganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana.
Mahmud, G, H., & Y, Y. (2014). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga. Jakarta: Akademia Permata.
Nursalam, & Efendi, F. (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Purwanto, A., P, R., A, M., H, C. C., W, L. M., P, R. S., et al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1 - 12.
Samples, B. (2002). Revolusi Belajar untuk Anak: Panduan Belajar, Terjemahan. Bandung : Kaifa.
Slamento. (2020, April 8). https://news.detik.com/kolom/d-4969335/5-fakta-pendidikan-di-tengah-wabah-corona. Retrieved Agustus 25, 2020, from https://news.detik.com: https://news.detik.com/kolom/d-4969335/5-fakta-pendidikan-di-tengah-wabah-corona
Su, B., B, C., & M, R. J. (2005). The importance of interaction in web-based education: A program-level case study of online MBA courses. Jour-nal of Interactive Online Learning, 1 - 19.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tirtarahardja, U., & Sulo, S. L. (2018). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi.
Wardani, K., Rahayu, A., & Masjid, A. A. (2018). Persepsi Mahasiswa PGSD Terhadap Bahan Ajar E-Learning Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 9 - 14.