PERSEPSI MAHASISWA PGSD TERHADAP PERKULIAHAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Cut Safitri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim
  • Fachrurazi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Abstrak

Penelitian ini berjudul persepsi mahasiswa PGSD terhadap perkuliahan online pada masa pandemi covid-19.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa PGSD terhadap perkuliahan online pada masa pandemi covid-19, faktor yang mempengaruhi persepsi serta pemanfaatan internet dalam proses perkuliahan online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Almuslim angkatan 2016-2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket secara online.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan online bersifat positif, dengan rincian aspek proses belajar mengajar sebesar 85.5%, aspek kompetensi dosen sebesar 87.6% dan aspek sarana dan prasarana sebesar 75.25%.

Referensi

Atman M, Hutomo. (2020), Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Praktik Di Pendidikan Vokasi. Equilibrium : jurnal pendidikan vol. VIII. Issu 2. Juni-Desember 2020.

Arfiyanti, Tiya. (2013), Persepsi guru dan siswa mengenai pemanfaatan internet dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri Se-Kota Magelang . Skripsi : Yogyakarta : UNY

Nabila,dkk. (2020), Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Vol. 4 No.1, 2020.

Suprapto Arifin, Hadi,dkk. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah Di Kota Serang. Jurnal Penelitian komunikasi dan opini public Vol. 21 No.1 Juli 2017.

Ivana. (2020). Persepsi Masyarakat Tentang Pergaulan Bebas Di Masa Peminangan. Skripsi : Lampung.

Tifani. (2013). Persepsi Guru Dan Siswa Mengenai Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Sekolah Malang. Skripsi : Malang

Adiwibowo, Rino,dkk. (2013). Pengaruh Efektifitas Kuliah Online Dalam Website www.unikom.ac.id Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Unikom. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi Vol.III No. 1 Desember 2013.

Anis Chaeruman, Uwes. (2020). Ruang Belajar Baru dan Implikasi Terhadap Pembelajaran Di Era Tatanan Baru. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 08 1 Juli 2020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-09-30