PENERAPAN PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 27 PEUSANGAN
Abstrak
Hasil belajar siswa pada pelajaran IPS khususnya materi sumber daya alam masih tergolong rendah, diantaranya siswa sulit membedakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan yang tidak dapat diperbaharui. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti ingin menerapkan model pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan semangat dan perhatian siswa dalam proses belajar mengajar, agar tercapainya hasil belajar yang maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dan menghidupkan suasana kelas adalah model pembelajaran Index Card Match. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 27 Peusangan dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 27 Peusangan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 12 orang. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Data diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 27 Peusangan pada materi Sumber daya Alam. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 75%, dan pada pelaksanaan siklus II meningkat menjadi 91,67%.
Referensi
Arifin, Zainal. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Asrori. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: CV. Wacana Prima
Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Erlangga.
Istarani. 2011. 58 Model pembelajaran inovatif. Medan: Media Persada.
Maidiyah. E & Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.
Moleong, L. J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ngalim, Purwanto. 2006. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim Penulis, 2013. Pedoman Penulisan Skripsi Edisi Revisi. Matangglumpang dua: Universitas Almuslim
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Zaini, Hisyam.dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yokyakarta: Pustaka Insan Madani