PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD NEGERI 27 PEUSANGAN
Abstrak
Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi. Permasalahan tersebut disebabkan siswa cenderung bosan, kurang termotivasi, dan kurang mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti ingin menerapkan pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) di kelas V SD Negeri 27 Peusangan dengan menggunakan. 2) Untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) di kelas V SD Negeri 27 Peusangan, 3) Untuk mengetahui respon siswa kelas V SD Negeri 27 Peusangan terhadap model pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan Model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 27 Peusangan pada Interaksi Manusia dengan Lingkungan. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 65%, dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. Aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini terlihat pada temuan siklus II yaitu hasil observasi terhadap aktivitas guru mencapai 94,44% dan terhadap aktivitas siswa mencapai 92%. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa sangat senang dan termotivasi mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan
Referensi
Arifin, Zainal. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Budianingsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Yokyakarta: Rineka Cipta
Istarani & Ridwan. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada
Maidiyah. E & Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.
Moleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ngalim, Purwanto. 2006. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learing. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyitno, 2007. Mengadopsi Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar nasional: Semarang
Suyono, dkk. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovative-Progresif. Surabaya:Kencana.
Wiraatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosdakarya. Bandung