PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATEDREADING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MENENTUKAN IDE POKOK DALAM TEKS DI KELAS V SD NEGERI 15 BIREUEN
Abstrak
Menentukan ide pokok dalam teks adalah salah satu materi Bahasa Indonesia yang diajarkan pada siswa SD Negeri 15 Bireuen. Kenyataannya dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 15 Bireuen masih banyak siswa yang kurang memahami materi menentukan ide pokok dalam teks. Hal ini, tentu saja sangat berhubungan dengan rendahnya keterampilan membaca siswa, aktivitas serta respon siswa. Untuk mengatasi hal tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatif Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan keterampilan membaca menentukan ide pokok dalam teks di SD Negeri 15 Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini adalah nilai hasil tes setiap akhir siklus, hasil observasi dan hasil wawancara. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 15 Bireuen yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes mendapatkan hasil 60% pada siklus I termasuk kategori kurang dan 85% pada siklus II termasuk kategori baik. Hasil observasi rata-rata aktivitas guru siklus I sebesar 86,25% termasuk kategori baik dan siklus II sebesar 94,37% termasuk kategori sangat baik, sedangkan rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 86,25% termasuk kategori baik dan siklus II sebesar 95,62% termasuk kategori sangat baik. Hasil wawancara dengan 3 orang siswa, yang terdiri 1 orang yang kategori pintar, 1 orang yang kategori sedang, dan 1 orang yang kategori rendah diperoleh respon sangat baik. Maka kesimpulannya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatif Integrated Reading and Composition) mampu meningkatkan keterampilan siswa, meningkatkkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, serta respon siswa kelas V pada materi menentukan ide pokok dalam teks di SD Negeri 15 Bireuen sangat baik (positif).
Referensi
Amini. 2013. Penelitian Pendidikan. Medan : Perdana Publishing
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Bukhari. 2010. Keterampilan Berbahasa, Membaca dan Menulis. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Ida Yeni Rahmawati. 2016. Analisis Teks Dan Konteks Pada Kolom Opini “Latihan Bersama Al Komodo 2014”
KOMPAS Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5. via http://journal.umpo.ac.id/ index.php/dimensi/article/download/53/50 di akses pada tanggal 05 Agustus 2019
Istarani. 2016. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada
Rapita. 2018. Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Model Pembelajaran One To One Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Bastem.
Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. Volume 3 Nomor 2. Halaman 59 via https://journal.uncp.ac.id/index.php/onoma/article/view/917/784 di akses pada tanggal 05 Agustus 2019
Rusman. 2010. Model Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta Kencana Prenada Media Group