AKTIVITAS MAHASISWA DALAM IMPLEMENTASI STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SD I
Abstrak
Aktivitas pembelajaran dalam perkuliahan menentukan pengalaman belajar mahasiswa. Hendaknya aktivitas pembelajaran dikelas dari yang berpusat pada dosen (TCL) dapat bergeser ke pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (SCL). Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memadukan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring atau menggunkana elearning yang dikenal dengan istilah blended learning untuk meningkatkan aktivitas, efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa dan respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran dengan blended learning. Adapun subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Program Stusi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim. Data penelitian ini adalah aktifitas dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran serta respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran pada matakuliah matematika SD I. Hasil penelitian menunjukkan dengan terlaksanakannya pembelajaran yang mengaktifkan mahasiswa menunjukkan terjadi interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dalam memcahkan masalah yang diberikan melalalui LKM dan mahasiswa memiliki respon yang positif terhadap pembelajaran dengan blended learning.
Referensi
Chaeruman, U. A. 2017. PEDATI. Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Panduan Merancang Mata Kuliah Daring SPADA Indonesia. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi: Jakarta
Handoko & Waskito . 2018 . Blended learning: Konsep dan Penerapannya. Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas: Sumatera Barat.
Nasir, M. 2018. Sambutan Menteri Pada Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018. Online https://ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2018/04/SAMBUTAN-MENRISTEKDIKTI-2-MEI-18_final.pdf