UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI WAKTU, JARAK DAN KECEPATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JULI

Penulis

  • Nurliza Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim
  • Asrul Karim Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Siswa yang telah memahami topik matematika secara teoretis sering kali mengalami kesulitan ketika soal atau permasalahan disajikan dalam bentuk cerita. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika disebabkan karena siswa kurang cermat memahami kalimat demi kalimat, tidak paham dalam menganalisis hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, serta kesalahan dalam melakukan penentuan dan pengerjaan operasi hitung dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini dilakkukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, dan untuk mengetahui respon siswa kelas V SD Negeri 1 Juli pada materi waktu, jarak dan kecepatan melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif sedangkan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Juli yang berjumlah 20 orang siswa. Data dikumpulkan melaui tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian diperoleh pembelajaran model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada materi waktu, jarak, dan kecepatan dikelas V SD Negeri 1 Juli. Hasil tes siklus I  persentase siswa yang mendapat nilai ≥ 65 % mencapai 70 % meningkat pada siklus II menjadi 90% dan ini mengalami peningkatan 20%, dengan demikian pelaksanaan tindakan siklus II sudah berhasil. Hasil respon siswa pada materi waktu, jarak, dan kecepatan dengan menggunakan model think pair share pada dua siklus diperoleh siswa yang menyatakan sangat menyenangkan berjumlah 86%, secara umum memberikan respon yang sangat baik. Hal tersebut menandakan siswa senang belajar matematika dengan model think pair share, siswa mengalami sendiri proses menemukan informasi tentang pengetahuan

Kata Kunci:  Soal Cerita Matematika, Kooperatif Tipe TPS, Waktu, Jarak, dan Kecepatan

Referensi

Dharma. A. Suarjana & Suartama. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016 Di Sd Negeri 1 Banjar Bali. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016.

Hidayah N. Suhartono & Ngatman. (2008). Penerapan Metode Think Pair Share dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan FKIP Universitas Lampung (Vol. 1 No.2).

Istarani. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Media Persada: Medan

Royani. M. 2008. Pendekatan Realistik Dalam Soal Cerita Pada Buku Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan (Vol. 3 No. 1).

Jusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Rajawali Pers: Jakarta

Sutan. F. 2003. Mahir Matematika melalui Permainan. Puspa Swara: Jakarta

Trianto. 2009. Mendesaian Model-Model Pembelajaran Inovatif/Progresif. Predana Media Group: Jakarta

Winarni & Sri. H. 2012. Matematika Untuk PGSD. PT Remaja Rosdakarya Offset:

Bandung

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-03-30