UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGENAL PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS III SD IT MUHAMMADIYAH BIREUEN

Penulis

  • Filza Rahmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim
  • Fachrurazi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Abstrak

Rendahnya hasil belajar siswa, rendahnya aktivitas guru dan siswa serta rendahnya respon siswa pada materi mengenal pecahan sederhana merupakan salah satu masalah yang ada di kelas III SD IT Muhammadiyah Bireuen. Adapun Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa, mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dan untuk mendeskripsikan respon siswa pada materi mengenal pecahan sederhana dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) di kelas III SDIT Muhammadiyah Bireuen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif denganĀ  jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data 21 siswa kelas III SDIT Muhammadiyah Bireuen. Data di kumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara data di olah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwapembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal pecahan sederhana di kelas III SD IT Muhammadiyah Bireuen. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I yaitu 67% meningkat pada siklus II menjadi 86% dan mengalami peningkatan sebesar 19%. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor presentase rata-rata 87,5% meningkat pada siklus II menjadi 94% dan mengalami peningkatan sebesar 6,5%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor presentase rata-rata 85% meningkat pada siklus II menjadi 94,5% dan mengalami peningkatan sebesar 9,5%. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching And Learning (CTL) cukup baik, siswa merasa senangĀ  belajar dengan model CTL dan siswa tidak cepat bosan, siswa lebih mudah memahami materi dan juga siswa tidak cepat lupa terhadap pembelajaran yang sudah dipelajari disebabkan siswa sendiri yang menemukan jawaban dari soal-soal yang di berikan guru. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model CTL pada materi mengenal pecahan sederhana mendapat respon yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Hasil belajar, Mengenal pecahan sederhana, Contextual Teaching And Learning (CTL)

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara: Jakarta

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar: PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Rajawali Pers: Jakarta

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group: Surabaya

Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. MetodePenelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-03-30