PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 4 PEUSANGAN, SD NEGERI 8 PEUSANGAN DAN MIN KUTA BLANG KABUPATEN BIREUEN PROPINSI ACEH

Penulis

  • Muthmainnah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Kata Kunci:

Minat belajar, Pembelajaran, Pembelajaran Tematik

Abstrak

Pembelajaran tematik adalah salah satu pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Kurikulum 2013 menyatakan bahwa pembelajaran di tingkat sekolah dasar dilakukan dengan pendekatan Tematik Integratif dari kelas I hingga kelas VI. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada saat penugasan dosen ke sekolah melalui program hibah MBS PGSD tahun 2012, belum ada satu sekolahpun yang ideal dapat dijadikan contoh penerapan pembelajaran tematik. Belum diterapkannya pembelajaran tematik di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dikarenakan belum pahamnya guru dalam perancangan dan penerapan pembelajaran tematik. Akibatnya siswa juga menjadi kurang bersemangat saat penerapan pembelajaran Tematik di sekolahnya. Menyikapi hal tersebut maka dilakukan pelatihan pelaksanaan pembelajaran tematik bagi guru sekolah dasar, agar guru dapat merancang dan menerapkan pembelajaran tematik dengan baik sehingga dapat meningkatkan minat belajar (respon siswa) dalam proses pembelajaran tematik. Untuk mencapai target ini maka dilakukan simulasi pembelajaran tematik, serta dilakukan pembinaan dan pendampingan di sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran tematik.

Referensi

Depdiknas. 2002. Pusat Kuikulum. Jakarta: Balitbang.

Depdiknas. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang

Tim Pengembang PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar. 1996/1997. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-03-30