HASIL BELAJAR MELALUI MODEL DISCOVERY REPRESENTATIF MEMBACA KRITIS

Penulis

  • Zulkarnaini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim
  • Nuraini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendah hasil belajar membaca kritis siswa. Bahkan lagi di sekolah menuntut tercapai proses belajar bukan siswa harus menguasai materi. Tujuannya hasil belajar membaca kritis siswa harus meningkat melalui  model pembelajaran discovery. Pendekatan kualitatif  berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data pada siswa kelas III MIN Krueng Geukueh No. 2 berjumlah 27 siswa. Hasil belajar membaca kritis siswa diperoleh berdasarkan  pengumpulan data tes, observasi dan wawancara. Hal ini pada tes awal, siswa memperoleh 15%  nilai ≥ 65 meningkat menjadi 70% pada tindakan siklus I. Hasil observasi kegiatan guru mencapai 82% sedangkan kegiatan siswa 88% pada siklus I. Pada tindakan siklus II lebih baik dari sebelumnya, siswa memperoleh nilai ≥ 65 yaitu 89% siswa. Lain lagi  kegiatan guru 96% dan siswa 98% diperoleh berdasarkan pengamatan. Wawancarai lima siswa tentang model pembelajaran Discovery memberikan dampak positif dan menyukai membaca kritis melalui model pembelajaran Discovery. Oleh sebab itu, model pembelajaran Discovery alternatif peningkatan hasil belajar membaca kritis siswa.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

A’la, Miftahul. 2011. “Quantum Teaching”. Yogyakarta : Diva press.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hanif, Nurcholis, dkk. Saya Senang Berbahasa Indonesia. Penerbit: Erlangga.

H.E Kosasih. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV Yrama Widya.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Kinayanti. 2006. Bahasa Indonesia Bahasaku. Penerbit : PT. Widya Duta Grafika. Bandung.

Madiyah, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soedarsono. 2006. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suprijono. 2009. Cooperatuve Learning. Penerbit:Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Tarigan. H.G. dkk. 2005. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

------------------------ 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi Edisi Revisi. Bireuen. FKIP Universitas Almuslim.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-03-30