PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VI SD NEGERI 22 BANDA SAKTI
Kata Kunci:
Hasil Belajar, pengolahan data, pendekatan matematika realistikAbstrak
Pemahaman konsep Matematika siswa kelas VI SD N 22 Banda Sakti, belum seperti yang diharapkan sehingga kemampuan menyelesaikan permasalahan oleh siswa masih rendah. Faktor yang membuat rendahnya hasil belajar siswa yaitu: (1) Minat siswa kurang terhadap mata pelajaran Matematika. (2) Model pembelajaran guru masih kurang efektif karena tidak dikaitkan dengan situasi alami siswa sehingga kurang menarik minat siswa dan kurang bermakna. Oleh karena itu untuk meningkat hasil belajar, maka peneliti menggunakan pendekatan matematika realistik pada materi pengolahan data di kelas VI SD Negeri 22 Banda Sakti. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang akan dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 22 Banda Sakti yang berjumlah 24 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir, observasi dan wawancara. Subjek wawancara adalah 3 orang siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi hasil mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Referensi
Arikunto, S. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Darsono. 2010. PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik di Indonesia) Suatu Inovasi dalam Pendidikan Matematika di Indonesia, (Online), (http://wwwdarsonmate.blogspot.co.id/2010/04/pmri-inovasi-pembelajaran-matematika.html), diakses 12 Desember 2016.
Hamalik. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamid, P. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. ALFABET. Bandung.
Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Rosda Karya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana. 2004. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Beleajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta Bandung.
Suyadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta : Andi.
Maidiyah, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh: Darussalam.
Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zani, Y, M. 2008. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan PMRI Melalui Permainan Mencari Harta Karun di Kelas V SDN Antasan Besar 7 Banjarmasin, (Prosiding Konvensi Nasional Matematika XIV). Palembang:UNSRI