MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R DI KELAS VI SD NEGERI 1 BIREUEN

Penulis

  • Yenni Agustina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Almuslim

Kata Kunci:

hasil belajar, materi ekspor dan impor, strategi PQ4R

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Bireuen pada materi ekspor dan impor. Alternatif pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah dengan cara melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi PQ4R. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini bersumber dari hasil tes, hasil observasi, dan hasil wawancara. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Bireuen yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan strategi PQ4R dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa selama pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa pada pelaksanaan siklus I diperoleh persentase rata-rata 71,5%. Selanjutnya ditinjau dari segi hasil tes pada pelaksanaan siklus I terlihat bahwa siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 sebanyak 60%. Berdasarkan hasil tersebut, maka pelaksanaan siklus I belum berhasil. Hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa pada pelaksanaan sikus II diperoleh persentase rata-rata 89,5%. Selanjutnya ditinjau dari segi hasil tes pada pelaksanaan siklus II terlihat bahwa siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 sebanyak 85%, dengan demikian pelaksanaan siklus II sudah berhasil. Selanjutnya ditinjau dari hasil wawancara yang dilakukan dengan subjek wawancara dalam penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran materi ekspor dan impor dengan menggunakan strategi PQ4R sangat positif. 

Referensi

Alwi, Hasan dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jarakta : Balai Pustaka.

Ali, M. 2009. Model Pembelajaran PQ4R. dari http://muhammadalitomacoa. blogspot/feeds/post/default?arderby=updated. , diakses 18/102015.

Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung : Pustaka Setia.

Djaramah, dkk ,2006. Strategi Belajar Mengajar, Banjarmasin: Reneka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikoiogi Belajar Mengajar, Bandung: Sinarbaru

Margaretha. 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : Regina

Maolani, 2008. Pengertian Strategi Belajar Mengajar, http://ilam-maolani. blogspot.com. diakses 18/102015.

Millah B.S. 2010. Keunggulan-keunggulan Strategi PQ4R (online) http://alsyihab. blogspot.com, diakses 18/102015

Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta

Puspitasari, R.P. 2003. Strategi-Strategi Belajar, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. DitjenDikdasmen. Depdiknas. Jakarta.

Sanjaya, Wina, 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Fajar Interpratama Offset.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumiati, 2007. Metode Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima

Sutisna, 2009. Konsep Mengajar, http://sutisna.com. diakses 10/10/2015

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovative -Progresif, Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Usman dkk, 2008. Penelitian Tindakan kelas, Banda Aceh : Darussalam.

Zainal dkk, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Yrama Widaya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-09-30