PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 50 BANDA ACEH

Penulis

  • Rahmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Serambi Mekkah
  • Maulidar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Serambi Mekkah

Kata Kunci:

Pendekatan saintifik, keterampilan proses sains

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa dengan pendekatan saintifik di  kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True-Exsperimental dengan desain penelitiannya adalah control group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 130 siswa yang terdiri dari VA, VB, VC dan VD. Sampel dalam penelitian ini adalah 72 siswa kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Saat pengundian sampel tulisan kelas VD muncul pertama kali saat pengundian maka dijadikan kelompok eksperimen, sedangkan kelas VA muncul yang kedua sehingga dijadikan sebagai kelompok kontrol. Pada awal pembelajaran diberi pretest dan akhir pembelajaran diberi posttes dengan menggunakan instrumen yang sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes, teknik pengolahan data menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data diperoleh bahwa data keduanya normal dan homogen. Dari hasil perhitungan keterampilan proses sains belajar siswa diperoleh thitung = 2,86  sedangkan nilai ttabel = 1,67. Oleh karena thitung > tabel maka Ho ditolak dan terima Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik di kelas V SD Negeri 50 lebih baik dari keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori.

Referensi

Adi, G, N.P., I.W. Lasmawan., dan I.W. Sadia. 2014. Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik dengan Seting Inquiri dengan Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Proses Sainsdan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. 1(4): 1-10.

Ambarsari, W., Santosa, S., dan Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(5): 81-95.

Asabe, M.B and S.D, Yusuf. 2016. Effects Of Science Process Skills Approach And Lecture Method On Academic Achievement Of Pre-Service Chemistry Teachers In Kaduna State, Nigeria. Journal Of Science, Technology & Education (Joste). 4(2): 68-72.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, S. 2010. Pembelajaran Guide Discovery Melalui Media LKS Konstruktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pokok Laju Reaksi. Tesis. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Hake, R.R .1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. Am. J. Phys. 1(66): 64-74.

Harlen,W,. 1992. Teaching of Science. London: David Fulton Publisher.

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A,. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan IPA. Vol 4.

Natalina, M., Mahadi, I., dan Suzane, A. C. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 5 SMAN 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. (Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, hlm: 83-91)

Nurulita, A.S. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Merumuskan Hipotesis dan Menarik Kesimpulan pada Materi Koloid. Tesis. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Qomariah, L., Indriwati, S, E., Sulasmi, E, S. 2015. Penerapan Pembelajaran melalui Pendekatan Ilmiah untuk Meningkatkan Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas X Mia 4 Sman 3 Malang Pada Materi Kingdom Animalia. Jurnal.

Rustaman, N. Y, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: JICA-IMSTEP FMIPA UM.

Sartika, S. B. 2015. Analisis Keterampilan Proses sains (KPS) Mahasiswa Calon Guru Dalam Menyelesaikan Soal IPA Terpadu. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Sari, P.M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses sains,Sikap ilmiah, dan Penguasaan Kosep Sistem Regulasi. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tim Penyusun. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar.

Trianto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. (Konsep Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Yokhebed, Sudarisman, S., dan Sunarno, W. 2012. Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meingkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Jurnal Inkuiri, ISSN: 2252-7893 Vol. 1 No. 3: hlm. 183-194

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-09-30