PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN TANOH ANOE KABUPATEN BIREUEN ACEH

Penulis

  • Maulidasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Kata Kunci:

Buku Ajar, Keterampilan Proses Sains, Model Borg and Gall, Hasil Belajar, Gaya

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan  buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan. Pengembangan buku ajar IPA menggunakan prosedur pengembangan model Borg and Gall. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik kuantitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi syarat kelayakan dengan hasil  validasi materi dinyatakan layak, ahli bahasa dinyatakan layak dan ahli desain dinyatakaan sangat layak digunakan di lapangan. Pada  uji prasyarat normalitas dan homogenitas mempunyai nilai sig lebih besar dari pada α(=0,05) sehingga H0 diterima. Hasil ketuntasan belajar klasikal pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dan pada uji perbedaan postes hasil belajar siswa mempunyai nilai nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains lebih tinggi dari pada buku teks pada pokok bahasan Gaya

Referensi

Akbar, S. 2015. Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Herman & Aslim 2015. Pengembangan LKPD Fisika Tingkat SMA Berbasis Keterampilan Proses Sains. UNM Parangtambung. Prosiding Seminar Nasional Fisika Vol IV. diakses 5 Desember

Nuh, U. 2010. Keterampilan Proses Sains, (http://fisikasma – online. Blogspot.com/2010/03) diakses 15 Oktober 2016

Prastowo, A. 2014. Panduan kreatif membuat bahan ajar Inovatif. , Yogyakarta: Diva Press.

Riska, D. S. Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jakarta

Rossa, O, F. .2015. Pengembangan

Modul Pembelajaran Ipa Smp Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Metro. Vol. III. No. 1. Diakses 10 Oktober 2016

Rustaman, A. 2005. Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, Keterampilan, Sikap dan Nilai) Melalui Kegiatan Pratikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung

Rustaman, A. 2005. Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, Keterampilan, Sikap dan Nilai) Melalui Kegiatan Pratikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.

Rustaman, dkk. 2015. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Tanggerang. Universitas Terbuka

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Subali, B. 2010. Pengukuran Proses Keterampilan Proses Sains Pola Divergen Mata Pelajaran Biologi SMA di Provinsi DIY dan Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Biologi. 3 Juli 2010. Yogyakarta

Sudijono, A. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supardi. 2015. Penialaian Autentik. Jakaarta: Rajawali Pers.

Suryaman, M. 2007. Dimensi-dimensi kontekstual di dalam penulisanbuku teks pelajaran bahasa Indonesia. Diksi.

Http://journal. uny.ac.id/index. Php/diksi/article/download/147/55)diakses: 26 Oktober 2016

Trianto. 2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta:Kencana Prenada Group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-03-30