PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JANGKA KEC. JANGKA KAB. BIREUEN

Penulis

  • Mulia Sabri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Kata Kunci:

Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Examples Non Examples, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstrak

Penelitian Pengembangan perangkat pembelajaran IPS berbasis model pembelajaran Examples Non Examples bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pelaksanaan perangkat pembelajaran IPS berbasis model Examples Non Examples untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 1 Jangka Kec. Jangka Kab. Bireuen.Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model Examples Non Examples telah memenuhi kriteria kevalidan. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran IPS yang memenuhi kriteria valid. Selanjutnya berdasarkan hasil yang diperoleh dilapangan mulai dari data kegiatan guru, data kemampuan berpikir kritis siswa, data respon siswa, serta data hasil belajar siswa, maka terjadi peningkatan presentase pada tiap data dilapangan dari tahap simulasi kemudian menjadi  meningkat presentasenya pada tahap uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model Examples Non Examples telah memenuhi kriteria kevalidan. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran IPS yang memenuhi kriteria valid. Selanjutnya berdasarkan hasil yang diperoleh dilapangan mulai dari data kegiatan guru, data kemampuan berpikir kritis siswa, data respon siswa, serta data hasil belajar siswa, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan presentase pada tiap data dilapangan dari tahap simulasi kemudian menjadi  meningkat presentasenya pada tahap uji coba lapangan.

Referensi

Astuti, S. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Model Polya dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Barisan Bilangan Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Kota Probolinggo. ©Pancaran. Vol. 4. Nomor 4. Hal: 149-162.

Dewi, Dkk. 2014. Model Pembelajaran Examples Non-Examples Berbasis Lingkungan Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Kapten Japa. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2 No. 1.

Duron, Dkk. 2006. Critical Thinking Framework For Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, Volume 17, Number 2, hal:160-166.

Falahudin, I. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran.. Jurnal Lingkar Widyaiswara (www.juliwi.com). Vol. 1. Nomor 4. Hal:104–117.

Hayati, Dkk. 2016. Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 1. Nomor: 3. Hal: 468-474.

Hayati dan Fahrurrazi. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis. Jurnal EducatiO. Vol. 10 No. 2. Hal: 382-399.

Iskandar Z, Ali. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Peta Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat. Volume 7. Nomor 1. Hal: 74-85.

Istarani. 2012. 58Model Pembelajaran Inovatif. Medan: MEDIA PERSADA.

Maryanto, Dkk. 2014.Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Mahfud dan Joko. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non Example pada Standar Kompetensi Merawat Peralatan Rumah Tangga Listrik terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Cerme Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Teknik Elektro. Volume 02. Nomor 02. Hal: 565-573.

Mahnun, N. 2012. MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 37. Nomor 1. Hal: 27-35.

Uno, Hamzah B. 2012. MODEL PEMBELAJARAN: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh : Darussalam.

Ruskandi dan Ferdian. 2015. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Lerning dalam Pembelajaran IPS di SD untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Metodik Didaktik Vol. 10, No. 1, hal: 69-77.

Sanjaya, W. 2006.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mas, S. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDI Daleng Manggarai Barat pada Pokok Bahasan Globalisasi dengan Model Tasc. J-TEQIP, Vol. III. Nomor 1. Hal: 47-53.

Sitorus, S. 2013. Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS melalui Pendekatan Inkuiri Siswa Kelas IV SD Negeri 106816 Marindal II Kecamatan Patumbak. Jurnal Tematik. Vol.3. No.12. Hal: 1-15.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2009.Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar,Yogyakarta.

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelaajran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Yensy. B, Nurul Astuty. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur. Jurnal Exacta. Vol 10. No.1. Hal: 24-35

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-03-30