UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIMETRI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV MIN BAYU GAMPONG RAYA
Abstrak
60% siswa kelas IV MIN Bayu Gampong Raya mempunyai kesulitan belajar matematika khususnya pada materi simetri. Ada beberapa factor yang menyebabkan hal tersebut, antara lain (1) siswa tidak mampu mengusai hubungan antar konsep, (2) siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru, (3) Pembelajaran masih bersifat teacher centered, (4) konsep yang diberikan guru masih bersifat abstrak terbukti dalam pembelajaran simetri simetri hanya menggunakan ingatan saja untuk memahaminya, sehingga rata- rata siswa masih bingung terutama pada simetri lipat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi simetri dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV MIN Bayu Gampong Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Sumber data atau informasi yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dari : (1) Siswa kelas IV MIN Bayu Gampong Raya pada Tahun Ajaran 20012/2013 sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 20 laki-laki dan 12 perempuan, dan (2) Tes awal, tes akhir, lembar kerja siswa, catatan observasi guru dan siswa, dan catatan lapangan. Berdasarkan reflesi tindakan I siklus I, hasil observasi aktivitas guru mencapai skor persentase 94% dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai skor persentase 82,5% dan hasil tes tindakan I adalah 62,5% siswa mendapat skor > 65. Sedangkan refleksi tindakan I siklus II, hasil observasi aktivitas guru yang mencapai skor persentase 95,5% dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai skor persentase 97,5% dan hasil tes tindakan I siklus II adalah 100% siswa mendapat skor > 65, hal ini memenuhi kriteria tindakan yaitu > 80% siswa mendapat skor > 65, maka pelaksanaan tindakan dikatakan berhasil dan tidak dilanjutkan ke-siklus III. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN Bayu Gampong Raya pada materi simetri.
Referensi
Aisyah, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Departemen Pendidikan Nasional
Amir. 2007. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah.Surakarta: UNS Press
Bobrow, Jerry. 2004. Matematika Dasar dan Pra-Aljabar. Pakar Raya. Bandung
Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2003. Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Depdiknas
Elfiadi. 2012. Upaya meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN 3 Peusangan. Universitas Almuslim
Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Gaung Persada ((GP Press) Jakarta
Fajri dan Senja. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Aneka Ilmu
Fitriyah dan Abu Bakar. 2008. Cara Asyik Belajar Matematika Melalui Film Animasi Edukasi Matematika Bagi Siswa SD. Semarang: Ghyyas Putra
Hartuti, Miyanto dan Rahmawati. 2007. Ensiklopedi Matematika 1. Yogyakarta: Empat Pilar Pendidikan
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung: Gaung Persada
Masykur dan Fathani. 2007. Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak Dan Menanggulagi Kesulitan Belajar. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media
Miles dan Huberman. 2000. Analis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
Mulyati, Rohaeti dan Sulistyo. 2005. Intisari Matematika SD. Bandung: Pustaka Setia
Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Departemen Pendidikan Nasional
Sudjana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukayati dan Suharjana. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran Di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Suryabrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Untoro J. 2006. Buku Pintar Matematika SD. Jakarta: Wahyu Media
Winarni. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.Salatiga: Widya sari Press
Wiriaatmadja. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya