PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI KPK DAN FPB TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD N 5 MAKMUR

Penulis

  • Fachrurazi FKIP Prodi PGSD, Universitas Almuslim

Abstrak

Salah satu sebab siswa kelas V SD N 5 Makmur kurang memahami konsep matematika karena matematika sering diperkenalkan sebagai kumpulan rumus yang bersifat abstrak. Akibatnya hasil belajar siswa rendah dan kegiatan pembelajaran dirasakan kurang bermakna dan bermanfaat bagi siswa. Oleh karena itu model learning cycle “5E”, diduga dapat membuat siswa kelas V SD N 5 Makmur aktif dan kreatif dalam mengkonstruksi pemahamannya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD N 5 Makmur pada materi KPK dan FPB dengan menggunakan model learning cycle 5E. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 5 Makmur sebanyak 38 orang. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa, observasi kemampuan guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif (persentase) sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 71,05% dan  pada siklus II sebesar 86,84%. Hal ini juga di dukung oleh kemampuan guru dan siswa dalam pembelajaran pada materi KPK dan FPB dengan Learning Cycle “5E”  berada pada kategori baik dan sangat baik.

Referensi

Anas Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Grafindo Persada, 2004.

Anita Lie, Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Gramedia, 2008.

Dahar, R.W. Teori-teori Belajar, Jakarta: Airlangga, 1996.

Erman Suherman. dkk, Strategi Pembelajaran Matematika Komtemporer, Bandung: JICA-UPI, 2003.

Erni Maidiyah. Pelatihan Profesi Guru, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Banda Aceh: FKIP Unsyiah, 2008.

Fauziatul Fajaroh dan I Wayan Dasna. 2008. “Pembelajaran Dengan Model Siklus Belajar (Learning

Cycle)”. Tersedia di http://massofa.wordpress.com/2008/01/06/pembelajaran-dengan-modelsiklus-belajar-learning-cycle/ diakes pada Minggu, 14 Maret 2012

Lawson, Scien Teaching and the Development of Thinking, Wadsworth: Calif, 1995.

Ratumanan, Belajar dan Pembelajaran, Surabaya: Unesa University Press, 2004.

Turmudi, Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika, (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif), Bandung: Lauser Cita Pustaka, 2008.

Wena, M. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2009

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-09-30