PERANAN BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Buku pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar atau disebut juga dengan buku teks siswa yang digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kepribadian, penalaran, kreatifitas, dan keterampilan berbahasa mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu ditelaah sejauh mana peranan dari buku pelajaran terhadap kemampuan siswa dalam berbahasa. Guru sebagai pengemban tugas operasional pendidikan atau pembelajaran di sekolah dituntut agar dapat mengkaji, mengembangkan kurikulum dengan benar. Selain itu, buku pelajaran yang digunakan siswa atau guru perlu ditelaah terlebih dahulu sebelum digunakan dalam proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penyusunan buku pelajaran disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku agar manfaat yang diperoleh siswa sesuai dengan yang diharapkan.
Referensi
Cunningsworth, Alan. 1995. Choosing Your Coursebook. Oxford: Heinemann.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2004. Kurikulum Pendidikan Dasar: landasan,
Program dan Pengembangan. Jakarta
Nunan, David. 1995. Language Teaching Methodology: A textbook for Teachers. Newyork: Phoenix.
Santosa, Puji. dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa IndonesiaSD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sumardi. 2000. Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Grasindo.
Sugiastuti. 2002. Bacaan Anak: Salah Satu Penangkal Pengaruh Negatif AcaraTV dalam Teori dan Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.