UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN SOSIAL, EKONOMI, BUDAYA, ETNIS DAN AGAMA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SD NEGERI 2 PEUSANGAN SELATAN
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Keragaman, Model Kooperatif Tipe JigsawAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas belajar guru dan siswa dan respon siswa terhadap materi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di Kelas IV SD Negeri 2 Peusangan Selatan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Peusangan Selatan berjumlah 20 orang siswa. Pendekatannya adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal yang diperoleh dari tes pratindakan dengan persentase 20% dan mengalami peningkatan pada tindakan siklus I dengan persentase 25% dan pada tindakan siklus II diperoleh persentase 90%. Hal ini, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat sebanyak 65%. Dari proses pembelajaran juga menunjukkan peningkatan dimana hasil aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa. Perencanaan dan pelaksanaan yang diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kegiatan aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 77,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 92,1%. Sementara kegiatan aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase 79,5%, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan pesentase 90,5%. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan aktivitas guru dan siswa sudah berjalan dengan sangat baik. Respon siswa yang diamati terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sudah jauh lebih baik dan model pemebelajaran tersebut dapat diterima dengan sangat baik oleh siswa. Hal ini memperlihatkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat disenangi siswa dan memotivasi mereka dalam belajar, baik secara individual maupun kelompok.
Referensi
Ahmad, Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Ainul, Yaqin. 2019. Pendidikan Multikultural Cross-cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Penerbit.LKiS. Selakan Baru No. 3 Sewon Bantul
Akhmad, Nurul. 2019. Keragaman Suku Dan Budaya. Jawa Tengah. Penerbit: Afrilin
Anggraini, dkk. 2020. Mengidentifikasi MinatBakat Siswa Sejak Usia Dini Di SdAdiwiyata.Jurnal Pendidikan.
Arifninetrirosa, Pemeliharaan Kehidupan Budaya Kesenian Tradisional Dalam Pembangunan Nasional. Jurnal usu Repository Universitas Sumatera Utara. 2005.Hlm.
Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kela. Jakarta; Pt. Bumi Aksara
Aunurrahman, 2011. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Hakim, Thursan. 2008. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. (Jakarta: Bumi Aksara).
HartataRus. 2019. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sejarah (Peminatan).J urnal Pendidikan.
Hurit, Uron, Roberta, Dkk. 2021.Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: (Cv, Media Sains Indonesia)
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT INDEKS
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama
Maarif, Dwi, Syamsul. 2021. Mengenal Keberagaman Sosial Budaya Hingga Agama Di Indonesia. View Non-Amp Version At Tirto.Id Di Akses Pada 10 Februari 2022
Maidiyah. 2011. Pembelajaran Kooperatif Pada Topik Pecahan di SD (Dalam Upaya-upaya Meningkatkan Peran Pendidikan Matematika Dalam Menghadapi Era Globalisasi: Perspektif Pembelajaran Alternaif Kompetitif) Laporan Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.
Marlina, Lenidan Sholehun. 2021. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong.Vol 2 No 1 (2021): Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Moleong Lexy. 2007. Metodelogi Penelitian Qualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Nanda Saputra, 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit. Muhammad Zaini
Perdiana, Kadek, dkk. 2015.Potret Harmonis Masyarakat Multikultur Di Desa Panji Anom.Jurnal Ilmu Sosial. Vol. 1 No. 1
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Siswono Yudohusodo.2007. Rumah untuk Seluruh Rakyat. Publisher: INKOPPOL, Unit Percetakan Bharakerta. 32
Slameto.2010. Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinmeka Cipta.
Smile Mr. 2012. 34 Provinsi Di Indonesia Lengkap Dengan Pakaian, taria, Rumah Adat, Senjata Tradisional, Suku, Bahasa Daerah, Dan Gambar (Online), Http://Www.Berbagairevisiews.Com/2015/03/ .Html Di Akses 8 Januari 2022
Suyadi 2013. 61 Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Tasmudji, DKK. 2011. Ilmu Alamiah Dasar, ilmu Sosial dasar, Ilmu Budaya Dasar. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakartaa: Kencana Prenada Media Group
Warso, Dwi Doso, Asgus Wasisto. 2017. Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Cendakia.
Yogantari, Vairagya, Made , Dkk. 2018. Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industry Kreatif.