PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI 2 JULI PADA MATERI GAYA

Penulis

  • Khairunnisak Khairunnisak Fakultas Komputer dan Multimedia Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Chaeroen Niesa Fakultas Komputer dan Multimedia Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Kata Kunci:

gaya, hasil belajar, media pembelajaran berbasis ICT.

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan peserta didik serta respon peserta didik melalui penerapan media pembelajaran berbasis ICT pada materi gaya di kelas IV SD Negeri 2 Juli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Juli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Juli dengan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT pada materi gaya pada siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan 9 (53%) peserta didik yang tuntas dan 8 (47%) belum tuntas. Pada siklus II hasil belajar peserta didik sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan 15 (88%) peserta didik tuntas, dan hanya 2 (12%) tidak tuntas. Aktivitas guru memperoleh persentase 78% pada siklus I dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh persentase 75,5% meningkat menjadi 92,5% pada siklus 2. Peserta didik memberikan respon positif terhadap media pembelajaran berbasis ICT pada materi gaya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Juli.

Referensi

Astuti, T., Nurdinah H., Dadan N. 2020. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 3, No 2 (2020) . https://doi.org/10.17509/jpi.v3i2.27647

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Fahri, M. U. 2020. Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/z97qy

Nurvitasari, E., & Asmaningrum, H. P. 2018. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Guru dalam Pembelajaran Kimia SMA di Distrik Merauke. Jurnal Magistra. Volume 5 Nomor 1. Januari 2018 48-61.http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/Retrievedfrommagistra/article/view/722/579id diakses 15 Maret 2022

Restiyani, R. 2014. Profil Pemanfaatan TIK sebagai Media dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi dalam Jurnal Edusains. Vol VI. No:1 Hal 50-66

Rizki, R & Wildaniati, Y. 2015. Efektifitas Bahan Ajar Dan Media Berbasis Ict Pada Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. ISSN 2442-5419 Vol. 4, No. 2 (2015) 1-8. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.292 diakses 05 Maret 2022

Rusman. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali

Sadiman, A.S., Rahardjo, R. & Haryono, A. 2008. Media pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo. Persada.

Santyasa, I.W. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Prosiding Workshop Media Pembelajaran. Bali Universitas Pendidikan Ganesha

Sudjana, N. 2004, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar. Baru Algensido Offset.

Sudjana, N. 2009 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif. dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprijono, A. 2009 Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Swaditya, R. dan Yunita, W. 2015. Efektifitas Bahan Ajar Dan Media Berbasis Ict Pada Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika. ISSN 2442-5419 Vol. 4, No. 2 (2015) 1-8

Trianto. 2010. Mengembangkan model pembelajaran tematik. Jakarta: Prestasi

Wardani, M.A.P., Harwanto,R. 2020. Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Ict Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 7 No. 2 Juli 2020, hal 99-106

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wungguli, D. & Yahya, L. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal Of Mathematics Education. Jambura J. Math. Edu. Vol. 1, No. 1, pp. 41-47, Maret 2020. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jmathedu diakses 18 Maret 2022

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-31