PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELECTUAL (SAVI) KELAS V SD NEGERI 9 PEUSANGAN SELATAN

Penulis

  • Sakinah Julia Pida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Kata Kunci:

SAVI, Hasil Belajar, Volume Kubus dan Balok.

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok serta rendahnya aktivitas guru dan siswa yang merupakan suatu masalah yang mendasar di SD Negeri 9 Peusangan Selatan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas V SD Negeri 9 Peusangan Selatan pada materi volume kubus dan balok melalui model pembelajaran somatis, auditori, visual dan intelektual (SAVI). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 9 Peusangan Selatan sebanyak satu kelas dengan jumlah 9 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan meliputi data hasil belajar siswa, aktivitas guru, aktivitas siswa dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama dengan ketuntasan 83,33% menjadi 89,44% pada siklus kedua, (2) aktivitas guru mengalami peningkatan siklus pertama 77,21% menjadi 92,22% pada siklus kedua, (3) aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama 72,22% menjadi 94,99% pada siklus kedua, (4) wawancara siswa kelas V SD Negeri 9 Peusangan Selatan dalam pembelajaran pada materi volume kubus dan balok melalui model pembelajaran SAVI ada dua siklus secara umum siswa memberikan respon sangat senang. Dengan demikian model pembelajaran pendekatan SAVI dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran siswa kelas V SD Negeri 9 Peusangan Selatan.

Referensi

Ades, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Anselm Strauss dan Juliet Corbin. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif Prosedur Teknik dan Teori. Surabaya: Grunded, PT. Bina Ilmu, 1997.

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eti Nurhayati, Psikologi pendidikan Inovatif. (Yogyakarta:Pustaka belajar), 2011.

Fatimah, E. 2014. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Hopkins, David, 2011. Panduan guru: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002.

Marzuki, Pembelajaran Bangun Bidang Dan Bangun Ruang Model SAVI Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Peudada, Vol. 6, No. 1, Maret 2019.

Meier, Dave. 2005. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif & Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Muhsetyo, Gatot, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta. Universitas Terbuka.

Shoimin, Aris 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Sundari. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan SAVI Pada Siswa Kelas VB SDIT Al-Izzah Sorong, e-journal Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 5 No. 2 Desember 2016.

Trianto, 2011, Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara.

Wahyudin, 2004, Matematika SD Kelas 5. Bandung. Delta Bawean

Yuni Elfiani, dkk, Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Model SAVI Pada Siswa Kelas 5 SDN Dukuh 03 Salatiga, JMP Online, Vol 2, No. 4 April 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-31