UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMAHAMI ISI CERITA FIKSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN MEDIA VISUAL KELAS IV SD NEGERI 8 KUTABLANG
Kata Kunci:
Hasil belajar, Isi cerita fiksi, Role Playing, Media VisualAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan pada siswa dimana masih rendahnya hasil belajar pada materi memahami isi cerita fiksi. Tujuannya untuk mengetahui pemahaman, keterampilan dan respon siswa dalam peningkatan pemahaman siswa pada materi memahami isi cerita fiksi menggunakan model pembelajaran Role Playing dan media visual di kelas IV SD Negeri 8 Kutablang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini yaitu data hasil tes akhir, hasil observasi dan hasil wawancara. Sumber data adalah siswa kelas IV SD Negeri 8 Kutablang Kabupaten Bireuen yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes akhir, teknik observasi dan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model model pembelajaran role playing dan media visual pada materi memahami isi cerita fiksi siswa kelas IV tergolong dalam kategori baik. Siklus I memperoleh persentase sebesar 32% dan pada siklus II persentase sebesar 89% (peningkatan terjadi sebesar 57%). Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor persentase 81% sedangkan aktivitas siswa memperoleh skor dengan persentase 80%. Selanjutnyat, dari hasil yang didapatkan pada observasi aktivitas guru pada siklus II memperoleh skor persentase 95,7% sedangkan aktivitas siswa memperoleh skor dengan persentase 96,4%. Respon siswa berdasarkan hasil wawancara terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran role playing dan media visual pada materi memahami isi cerita fiksi bahwa siswa menyukai proses pembelajaran dan siswa mudah memahami materi dengan menggunakan model pembelajaran role playing dan media visual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami isi cerita fiksi.
Referensi
Aqib, Zainal, 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arsyad. Azhar. 2013 Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Hairuddin, Dirfantara, 2017. Hakikat Prosa dan Unsur-Unsur Cerita Fiksi. Makassar
Istarani, 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada, Medan.
Khoerunnisa, Putri, 2020. Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1): 2-3.
Lulu Atun Nafisah, Kartika Chrysti Suryandari, Moh. Salimi. 2017. Penerapan Model Role Playing dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Brecong Tahun Ajaran 2015/2016. Kalam Cendekia, Volume 4, Nomor 6.1, hlm. 655 – 660
Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta.
Rizki Aulia, Ngatman Ngatman, Ratna Hidayah . 2019. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS tentang Kegiatan Jual Beli pada Siswa Kelas III SDN 2 Tanahsari Tahun Ajaran 2018/2019. 2808-2621 (Online) Vol 7, No 3 (2019) > Aulia https://doi.org/10.20961/jkc.v7i3.40771
Saebani. Beni Ahmad, 2008. Metode Penelitian. Bandung, Pustaka Setia.
Tarigan, Arleni, 2016. Model Pembelajaran. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5 (3) :105-106.
Tarigan. Henry Guntur, 2011. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Angkasa Bandung.